Previous slide
Next slide

Kuliah Kerja Usaha STIE Totalwin di Banjarnegara “Gilar Gilar” Resmi Dibuka

Semarang – Kabupaten Banjarnegara memiliki banyak destinasi wisata yang sangat potensial. Wilayah strategis di selatan Jawa Tengah ini terkenal dengan berbagai destinasi wisata, utamanya Kawasan Dieng. Kawasan wisata Dieng merupakan magnet tersendiri untuk para wisatawan yang berkunjung baik dari sekitar Banjarnegara itu sendiri atau dari luar kota. Seolah tak hentinya berinovasi, Kabupaten Banjarnegara terus menggali berbagai pengembangan ekonomi kreatif, khususnya dalam peningkatan Desa Wisata Unggul melalui berbagai cara, termasuk dengan menjalin kerjasama dengan STIE Totalwin Semarang.

Sesuai program kerja yang telah disusun beberapa bulan sebelumnya, Kuliah Kerja Usaha (KKU) STIE Totalwin bertempat di Kabupaten Banjarnegara resmi dibuka hari ini (21/8). KKU Tahun 2023 mengangkat tema “Sinergi Totalwin Mewujudkan Ekonomi Kreatif dan Desa Wisata Unggul di Kabupaten Banjarnegara”, diselenggarakan bekerja sama dengan Dewisnu Kab. Banjarnegara, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Banjarnegara dan 8 (delapan) Kepala Desa yang menjadi lokasi target pelaksanaan KKU Tahun 2023 di wilayah Banjarnegara.

Dalam sesi pembukaan KKU di Banjarnegara ini, secara resmi para peserta diterima oleh Kabid Destinasi Pariwisata Yusep Handoko, PLT Kepala Disparbud Kab. Banjarnegara Drs Adi Cahyono Purwo Saputro, M.M., dan Ketua Dewisnu Jateng Hadi Cahyono beserta jajaran. Turut hadir pada pembukaan KKU tersebut, Ketua STIE Totalwin Semarang Dr. Hasan Abdul Rozak, S.H., C.N, M.M., di dampingi jajaran Wakil Ketua, Sekretaris Institusi dan Kepala Lembaga Penjaminan Mutu STIE Totalwin.

Disampaikan Ketua STIE Totalwin, bahwa KKU ini bertujuan untuk menggali potensi wisata desa, mengasah daya kreatif dan upaya mahasiswa dalam rangka meningkatkan pengembangan ekonomi kreatif, serta menerapkan berbagai ilmu yang telah diperoleh di bangku kuliah sehingga nantinya para mahasiswa telah terlatih menerapkan ilmu yang dimiliki ketika terjun ke masyarakat. Serta masyarakat dapat merasakan dampak langsung manfaat dan kontribusi dari para mahasiswa KKU.

KKU STIE Totalwin Semarang ini di mulai dari tanggal 21 Agustus 2023 sampai dengan 30 September 2023, bertempat 8 desa di wilayah Kabupaten Banjarnegara, yakni:

  1. Desa Pekasiran;
  2. Desa Kepakisan;
  3. Desa Dawuhan;
  4. Desa Sijeruk;
  5. Desa Gumelem Wetan;
  6. Desa Gumelem Kulon;
  7. Desa Pagak, dan;
  8. Desa Gentansari.

KKU ini diharapkan dapat memajukan UMKM di desa untuk peningkatan pendapatan. Berbagai program kerja yang diusung, diantaranya pelatihan desain produk, inovasi produk, perijinan PIRT, BPOM, sertifikasi halal, dan untuk mengenalkan teknologi digitalisasi sebagai bentuk promosi dan closing penjualan. (Humas/Totalwin)

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram