Previous slide
Next slide

Menuju Akreditasi Unggul, POLITEKNIK BUMI AKPELNI Gelar Pelatihan Audit Mutu Internal

Kepala LLDIKTI Wilayah VI beserta Pimpinan dan sivitas Politeknik Bumi Akpelni dalam Pelatihan Audit Mutu Internal (Foto: Humas Politeknik Akpelni)

Semarang – Dalam upaya menjamin mutu pendidikan sesuai standar nasional pendidikan tinggi, Politeknik Bumi Akpelni menyelenggarakan pelatihan audit mutu internal bagi calon auditor internal selama 3 hari pada 3- 5 Agustus 2023. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menyiapkan internal auditor yang memiliki kompetensi untuk melihat efektifitas implementasi siklus PPEPP yang diterapkan. Pada kesempatan kali ini Direktur Politeknik Bumi Akpelni, Capt. Cahya Fajar Budi Hartanto M.Si., memberikan pengarahan agar budaya mutu di lingkungan Politeknik Bumi Akpelni terus ditingkatkan untuk mempertahankan bahkan meningkatkan akreditasi baik program studi maupun institusi yang saat ini telah diperoleh. “Selama ini kita telah mengimplementasikan system manajemen mutu standar ISO 9001 sejak tahun 2001, sementara kita juga harus mengimplementasikan sistem penjaminan mutu internal dengan siklus PPEPP. Kami yakin bahwa Bapak/Ibu calon internal auditor akan mampu mengkolaborasikan dan mengimplementasikan keduanya pada saat internal audit” ungkap Capt. Cahya Fajar.

Hadir dalam kegiatan pembukaan pelatihan Kepala LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah, Bhimo Widyo Andoko. SH., MH.  Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa sistem penjaminan mutu internal yang diimplementasikan dengan konsisten merupakan salah satu kunci keberhasilan mencapai akreditasi unggul, untuk itu setiap program studi maupun perguruan tinggi harus terus berbenah dan meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan salah satunya pengembangan sumber daya manusia melalui pelatihan audit mutu internal untuk penguatan proses penjaminan mutu internal, selain tentu saja jabatan fungsional maupun jenjang pendidikan akademik. “Kita mempunyai tugas berat untuk membantu 54 perguruan tinggi swasta yang belum terakreditasi dari 233 perguruan tinggi swasta di bawah naungan LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah, salah satunya melalui penguatan SPMI pada perguruan tinggi tersebut” demikian disampaikan Kepala LLDIKTI Wilayah VI pada saat memberikan materi Pengantar Pengelolaan Perguruan Tinggi.

Bertindak sebagai narasumber dalam kegiatan ini adalah fasilitator wilayah SPMI, antara lain Dr. Nova Rijanti, S.Si, M.Kom., serta Yohana Tri Widayati, SE., M.Kom.,  yang merupakan fasilitator wilayah SPMI dari perguuan tinggi akademik serta Eko Nur Hidayat, M.Kom., sebagai fasilitator wilayah SPMI dari perguruan tinggi vokasi. Dalam pelatihan yang bertujuan menyiapkan auditor internal yang memiliki kompetensi dalam mengaudit dan mengawal implementasi SPMI dengan siklus PPEPP ini tidak hanya di ikuti oleh para dosen dan tenaga kependidikan dari Politeknik Bumi Akpelni, tetapi juga dari Akademi Kesejahteraan Sosial (AKS) Ibu Kartini Semarang. (Humas/Akpelni)

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram