Previous slide
Next slide

UDINUS GRAND LAUNCHING PROGRAM WMK, USUNG TEMA PRECISION TECHNOPRENEURSHIP

Tingkatkan wirausahawan muda di Indonesia, Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) lakukan grand launching program Wirausaha Merdeka (WMK). Udinus pun menjadi salah satu Perguruan Tinggi Pelaksana (PTP) dari 34 Perguruan Tinggi di Indonesia yang dipercaya menjalankan program tersebut.

Grand launching program WMK dilaksanakan di Gedung E lantai 3 Udinus dan diikuti seluruh jajaran Udinus serta para mahasiswa. Pemukulan gong yang dilakukan oleh Rektor Udinus, Prof.Dr.Ir. Edi Noersasongko, M.Kom menjadi pertanda resminya program WMK di Udinus.

Secara resmi program mengusung tema ‘Precision Technopreneurship’ itu, diperuntukkan tak hanya untuk mahasiswa Udinus, namun juga untuk mahasiswa dari seluruh Indonesia.   Tema tersebut mengartikan bahwa dalam pelaksanaan Program Wirausaha Muda Merdeka, Udinus mengembangkan program dengan berbasis Teknologi Presisi menggunakan pendekatan Artificial dan Business Intelligence dalam upaya Penguatan Ekosistem Wirausaha Berkelanjutan.

Penanggung Jawab PTP Program WMK Udinus, Dr. Kusni Ingsih, M.M., mengajak mahasiswa Indonesia Untuk memanfaat kesempatan ini sebaik mungkin. Udinus berhasil lolos setelah mengikuti berbagai proses seleksi yang dilakukan oleh reviewer dari pengelola Program Wirausaha Merdeka. Dengan beberapa komponen penilaian meliputi profil PT, program kewirausahaan yang diusulkan, serta perencanaan dan pengelola keuangan. Udinus pun mendapatkan kuota maksimal 400 mahasiswa.

“Dengan terpilihnya Udinus sebagai salah satu PTP tentu ini kesempatan yang sangat baik, serta kuota itu kami bagi  menjadi 60 persen untuk mahasiswa Udinus dan 40 persen untuk mahasiswa luar Udinus. Kami menghimbau agar mahasiswa Udinus dapat berpartisipasi dan menjadikan ini sebagai wujud realisasi dari komitmen berkontribusi nyata untuk Indonesia,” jelas Dr.kusni Ingsih, MM yang juga Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Udinus. 

Tambah Dr. Kusni Ingsih, Program ini akan berfokus untuk memberikan ruang pembelajaran yang inovatif di luar perkuliahan pada umumnya. Mendorong mahasiswa untuk meningkatkan kompetensi mereka agar dapat menjadi sumber daya yang unggul.

“Kami berharap melalui WMK Udinus, mahasiswa dapat terlibat dan mengubah mindset mereka terkait berwirausaha, mampu membekali diri dengan kompetensi kewirausahaan, hingga mampu membuat prototipe usaha sendiri,” tegasnya.

selepas melaunching Program WMK Udinus, Rektor Udinus, Prof.Dr.Ir. Edi Noersasongko, M.Kom mengungkapkan bahwa teknologi sangat lekat dalam berwirausaha. Menurutnya terdapat dua hal yang harus dilakukan dalam menjalankan berwirausaha berbasis teknologi. Pertama mengetahui kebutuhan dasar dan kedua mengetahui kebutuhan teknologinya. Program WMK di Udinus pun menjadi sarana yang sangat bagi mahasiswa untuk mendapatkan ilmu dan pengarahan langsung dalam membangun sebuah usaha. “Robot Gamelan hingga Robot Catur Kampus Udinus (Rocaku) menjadi salah satu hasil dari berwirausaha berbasis teknologi. Barang yang awalnya dianggap kuno dengan sentuhan teknologi menjadi sangat bernilai  itulah wirausaha berbasis teknologi,” ungkap Rektor Udinus.

Apreasiasi Kemendikbud untuk Program WMK Udinus

Kegiatan yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) itu diperuntukan untuk mahasiswa dari berbagai jenjang pendidikan. Dari mulai dari Diploma (D3), Sarjana terapan (D4), Sarjana (S1) hingga Magister (S2). Selain menjadi mahasiswa aktif minimal semester tiga, syarat lain  yang harus dipenuhi untuk mendaftarkan diri adalah melengkapi administrasi dan berkas yang diperlukan. Semua itu sesuai yang tertera pada website official WMK. 

Manager Program Wirausaha Merdeka Kemendikbud RI, Adrian bany Kansil secara keseluruhan terdapat 34 PT yang terlibat salah satunya Udinus. Program WMK tersebut merupakan salah satu langkah pemerintah dalam mengembangkan pembelajaran wirausaha yang mampu mengasah jiwa kewirausahaan. Selain itu juga untuk mendorong peningkatan pengalaman wirausaha dan peningkatan kemampuan daya kerja mahasiswa.

“Program WMK yang dijalankan Udinus dengan konsep Technopreneurship sangat bagus ya untuk mengembangkan mahasiswa menjadi wirausahawan muda. Selain itu, program ini juga akan memberikan manfaat bagi mahasiswa untuk mendapatkan konversi SKS,” tutupnya.

Saat ini, pendaftaran program WMK Udinus masih dibuka hingga Senin, 10 Juli 2023 mendatang, dan dapat dilakukan melalui website official wirausahamerdeka.id.

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram