Previous slide
Next slide

Ratusan Mahasiswa di Lingkungan LLDIKTI Wilayah VI Ikuti Diklat Bela Negara

KLATEN – Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI bekerjasama dengan Badan Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Pertahanan RI serta Resimen Induk Kodam IV/Diponegoro, menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan Kader Bela Negara Lingkup Pendidikan Bagi Mahasiswa Wilayah LLDIKTI VI Tahun 2023.

Kegiatan diklat yang akan diselenggarakan selama 5 hari mulai 19-23 Juni 2023 tersebut berlangsung di Depo Pendidikan Latihan dan Pertempuran Resimen Induk Kodam IV Diponegoro (Dodiklatpur Rindam IV/Diponegoro), Klaten.

Upacara pembukaan kegiatan Diklat Bela Negara untuk mahasiswa tersebut digelar di lapangan upacara Dodiklatpur Rindam IV/Diponegoro dengan dipimpin oleh Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Kementerian Pertahanan (Kemhan), Mayjen Tandyo Budi Revita beserta Kepala Bagian Umum LLDIKTI Wilayah VI, Adhrial Refaddin pada hari Senin (19/6/23).

Mayjen Tandyo secara resmi membuka kegiatan Diklat Bela Negara dengan secara simbolis menyematkan tanda peserta kepada perwakilan mahasiswa serta melakukan pengecekan kesiapan peserta bersama dengan Adhrial Refaddin dan pejabat terkait lainnya.

“Kegiatan diklat kader bela negara merupakan cara bagi mahasiswa untuk menghadapi ancaman non militer seperti disideologis yang memicu disintegrasi,” kata Tandyo dalam keterangannya.

“Saya berharap diklat bagi mahasiswa ini  akan berjalan lancar. Saya percaya bahwa dalam waktu singkat, para peserta akan memanfaatkan kesempatan berguna ini sebagai media sharing untuk menghasilkan opini, argumentasi, dan karya akademik yang adaptif, inovatif, dan berkualitas,” tambahnya.

Sebelum upacara pembukaan digelar, Kabadiklat Kemhan, Mayjen Tandyo Budi R yang bertindak atas nama Kementerian Pertahanan Republik Indonesia; Asisten Teritorial Kasdam IV/Diponegoro, Kolonel Arm. Tejo Widhuro yang bertindak atas nama Pangdam IV/Diponegoro; serta Kabag Umum LLDIKTI Wilayah VI, Adhrial Refaddin yang hadir mewakili Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Bhimo Widyo Andoko, secara simbolis melakukan penandatangan Perjanjian Kerjasama untuk meresmikan kerjasama yang terjalin antar ketiga instansi pemerintah tersebut.             

Selain oleh tiga instansi pemerintah yang terlibat, kegiatan Diklat Bela Negara merupakan bentuk realisasi dari inisiasi kerjasama yang diawali oleh Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). UMS sendiri mengirimkan sejumlah 20 orang mahasiswanya untuk bergabung dalam kegiatan ini. Selain mahasiswa UMS, kegiatan diklat juga diikuti oleh mahasiswa dari perguruan tinggi lain di lingkup LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah dengan total sebanyak 200 mahasiswa.

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram