Previous slide
Next slide

Edukasi Nelayan tentang Manajemen Perawatan dan Keselamatan Kerja, Politeknik Bumi Akpelni Hadir di Desa Gempol Sewu Kendal

Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) merupakan wujud nyata kepedulian dan implementasi keilmuan bagi perguruan tinggi terhadap masyarakat yang digunakan sebagai sarana edukasi terhadap peningkatan pengetahuan masyarakat dan pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat. Berbekal semangat memajukan kehidupan bangsa melalui program PkM, Politeknik Bumi Akpelni menggandeng salah satu desa binaan yaitu Desa Gempol Sewu, Kecamatan Rowosari, Kabupaten Kendal. PkM di bawah naungan Unit Pengelola Teknis LP3M Politeknik Bumi Akpelni kembali diadakan bersama oleh Program Studi Teknologi Rekayasa Permesinan Kapal (TRPK/ Teknika), Teknologi Rekayasa Operasi Kapal (TROK/ Nautika), Transportasi Laut, Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhan. Politeknik Bumi Akpelni pada kesempatan kali ini bersinergi dengan Komunitas Nelayan Porsein Tawang (KNPT) mengusung tema “Manajemen Perawatan dan Keselamatan Kerja” untuk komunitas dan masyarakat nelayan di Desa Gempol Sewu.

Kegiatan PkM yang dikoordinir oleh Program Studi TRPK/ Teknika ini diadakan pada hari Senin, 12 Juni 2023 mulai pukul 09.00 WIB sampai dengan selesai. Pembukaan PkM ini dihadiri oleh Bapak Casmadi selaku Kepala Desa Gempol Sewu, Capt. Cahya Fajar Budi Hartanto, M.Mar., M.Si. selaku Direktur Politeknik Bumi Akpelni, Kepala KUD setempat, dan Ketua KNPT. Adapun paparan materi disampaikan oleh para dosen dari Program Studi TRPK/ Teknika. Acara ini dihadiri juga oleh para dosen, taruna, anggota KNPT, dan warga setempat dengan total berjumlah 80 orang.

Acara dibuka oleh Bapak Casmadi selaku Kepala Desa. Pada kesempatan tersebut Kepala Desa menyampaikan bahwa kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini dinilai penting untuk memberikan himbauan dan pengetahuan baru kepada masyarakat nelayan setempat guna meningkatkan kemampuan dalam merawat kapal secara periodik dan senantiasa menjaga keselamatan selama beraktivitas melaut. Beliau juga berpesan untuk dapat terus melanjutkan sinergi antara Politeknik Bumi Akpelni dan desa binaan ke depannya sebagaimana telah terjalin sejak lama.

Capt. Cahya Fajar Budi Hartanto, M.Mar., M.Si. selaku Direktur Politeknik Bumi Akpelni, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih atas terlaksananya kegiatan PkM di Desa Gempol Sewu. Direktur juga menyatakan bahwa kegiatan pengabdian bisa menjadi salah satu bentuk dari aktivitas Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dimana para dosen dan taruna terjun langsung menyampaikan dan merealisasikan keilmuan yang bermanfaat bagi masyarakat. Direktur juga berharap dari kegiatan ini menjadi langkah baik untuk mengenalkan kampus Politeknik Bumi Akpelni kepada masyarakat luas terutama warga Desa Gempol Sewu.

Adapun materi yang disampaikan para dosen pada kegiatan PkM ini adalah pentingnya manajemen serta teknis perawatan kapal untuk menjaga kondisi kapal agar tetap baik dan layak laut. Selain itu, disampaikan pula materi terkait pentingnya peningkatan kesadaran akan keselamatan kerja bagi para nelayan saat beraktifitas dan melaksanakan kegiatan penangkapan ikan di laut. Pada akhir kegiatan, Politeknik Bumi Akpelni melalui tim PkM yang hadir ke Desa Gempol Sewu menyerahkan bantuan berupa peralatan kerja perawatan kepada Kepala Desa untuk diteruskan dan digunakan oleh komunitas KNPT.         

Gambar 1. Penyerahan Bantuan Peralatan Kerja Perawatan
Gambar 2. Kebersamaaan Kegiatan PkM di Balai Desa Gempol Sewu
Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram