Previous slide
Next slide

LLDIKTI Wilayah VI Bersama Tim KMM Menyelenggarakan Sosialisasi MBKM

Semarang (Rabu, 29/03/2023) – Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI menerima kunjungan dari tim Kampus Merdeka Mandiri (KMM) yang dipimpin oleh Dessy Aliandrina., S.T., M.Sc., Ph.D selaku Kepala Kampus Merdeka Mandiri didampingi oleh Heribertus Suharyanto., S.Si, Donni Hadiwaluyo., S.Psi., M.A., Elroy Premana., S.Bns., Kevin Ebenhaezer., S.Pd., dan Anwari., Ed. Kunjungan ini merupakan rangkaian kegiatan KMM selama 2 hari dimulai tanggal 29 Maret sampai dengan 30 Maret 2023.

Bertempat di ruang rapat LLDIKTI Wilayah VI, Kepala LLDIKTI Wilayah VI Bhimo Widyo Andoko, S.H., M.H., dalam sambutannya menyampaikan harapan agar program KMM dapat menyentuh sampai ke masyarakat dan bisa membentuk sinergi pendidikan tinggi khususnya di Jawa Tengah. “Perjalanan program kampus merdeka di Jawa Tengah sangat panjang, kami bahkan telah menyelenggarakan anugrah MBKM yang direspon dengan sangat baik oleh Perguruan Tinggi, namun, tetap harus ada pendampingan agar terbentuk sinergi yang baik dalam pelaksanaan MBKM di Jawa Tengah” Tukasnya.

Dalam sesi diskusi, Adhrial Refaddin, S.I.P., M.P.P. selaku Kepala Bagian Umum LLDIKTI Wilayah VI menyampaikan bahwa program MBKM secara tidak langsung sudah dijalankan oleh Perguruan Tinggi namun belum tersistem dengan baik, “Pemahaman PT tentang MBKM masih sangat beragam, saat ini masih ada Perguruan Tinggi yang sudah paham tapi belum menjalankan MBKM dan ada pula yang belum paham terkait MBKM” ujarnya.

Tim KMM diwakili oleh Dessy Aliandrina menyampaikan bahwa kunjungan ini akan dilakukan ke semua wilayah LLDIKTI serta bertujuan untuk menyederhanakan program MBKM kedepannya. Dessy juga menyampaikan “Bahwa MBKM perlu diinterpretasikan lebih luas dan dalam, bukan diinterpretasikan sebatas program saja, namun suatu inovasi yang mentransformasi Sistem Pendidikan untuk mendorong tercapainya Tujuan Pendidikan Nasional” 

Selanjutnya, pada Kamis 30 Maret 2023, Tim KMM bersama dengan LLDIKTI Wilayah VI menyelenggarakan Sosialisasi dan Workshop MBKM Mandiri secara daring sebagai salah satu kegiatan dalam rangkaian kunjungan KMM di LLDIKTI Wilayah VI. Kegiatan sosialisasi ini mendapatkan antusiasme yang sangat baik dari Perguruan Tinggi di Jawa Tengah dengan dihadiri 302 peserta dari berbagai perguruan tinggi di Tengah. Dalam kesempatan tersebut, Kepala Kampus Merdeka Mandiri memaparkan bahwa MBKM tidak hanya sekedar program/platform melainkan merupakan gerakan atau inovasi Sistem Pendidikan Tinggi untuk mencapai tujuan Pendidikan Tinggi Nasional.

Kegiatan dilanjutkan dengan mengunjungi dua Perguruan Tinggi Swasta Jawa Tengah yaitu Politeknik Bumi Akpelni dan Universitas Dian Nuswantoro yang dinilai menjadi salah satu perguruan tinggi yang progresif terkait pelaksanaan MBKM secara mandiri untuk berdiskusi dan bertukar pikiran terkait praktik baik yang telah dilakukan dalam menerapkan program MBKM.

Dalam sesi penutupan, Dessy Aliandrina menyampaikan bahwa Perguruan Tinggi boleh menunjukkan semangat yang besar dalam menerapkan program MBKM, akan tetapi kompetensi lulusan juga tidak boleh diabaikan dan harapannya kedua Perguruan Tinggi ini (Politeknik Bumi Akpelni dan UDINUS) dapat menjadi Perguruan Tinggi pengimbas sehingga dapat menularkan kepada perguruan tinggi yang lain. “saya harap, pelaksanaan MBKM dapat semakin meningkatkan kompetensi lulusan, dan praktik baik pelaksanaan MBKM secara mandiri di Akpelni dan Udinus ini dapat ditularkan ke PT lain di Jawa Tengah”. Pungkasnya.

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram