Previous slide
Next slide

LLDIKTI VI Fasilitasi Pengembangan Rintisan Kerja Sama Perguruan Tinggi Jawa Tengah dengan Perguruan Tinggi Luar Negeri

Tegal, 27-28 Maret 2023

Bertempat di Khas Hotel Tegal (27/03/2023), Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI bersama Forum Pengelola Kerjasama dan Universitas Pancasakti Tegal mengundang 13 Perguruan Tinggi Swasta dan 1 Perguruan Tinggi Negeri di Jawa tengah untuk melakukan diskusi terpumpun terkait internasionalisasi Pendidikan Tinggi. Acara ini dihadiri pula delegasi 2 Perguruan Tinggi Asing dari Michigan State University (MSU) dan Eastern Institute for Integrated Learning in Management Kolkata (EIILM).

Tepat pukul 17.00 WIB acara di mulai. Sebelum pelaksanaan diskusi pendidikan, Kepala Bagian Umum, Adhrial Refaddin, mewakili Kepala LLDIKTI Wilayah VI memberikan sambutan dan pengarahan yang kemudian dilanjutkan dengan Diskusi Pendidikan Tinggi yang dipandu oleh Yoga Prihatin dari Universitas Pancasakti Tegal sebagai moderator.

Dalam sambutannya, Adhrial mengajak tamu undangan untuk menggali potensi dan membentuk konsorsium Pendidikan dalam rangka meningkatkan kualitas Pendidikan Perguruan Tinggi Swasta di Jawa Tengah “Right now, we have 230 higher education institutions in Central Java, we have so many potentials in development. And in today’s meeting we want to make initial discussion that can be develop further between Universities in Central Java and abroad, especially in America and India” Tukasnya.

Nancy Romig Perwakilan dari MSU menceritakan bahwa ini adalah kesempatan yang bagus untuk mengetahui kesempatan Kerjasama dengan perguruan tinggi di Jawa Tengah. “Thank you for the opportunity to learn about the condition of higher education in Indonesia especially in Central Java, and the opportunity to collaborate in the future.” tutur Nancy. Sedangkan Sanchita Saha, perwakilan dari EIILM menyampaikan bahwa perguruan tingginya sangat terbuka dan mengundang perguruan tinggi Jawa Tengah untuk hadir di konferensi internasional yang akan diselenggarakan di Thailand pada pertengahan tahun 2023 nanti.

Dalam sesi diskusi, beberapa perguruan tinggi di Jawa Tengah secara aktif menyampaikan kemungkinan kerjasama luar negeri dengan Michigan State University dan EIILM serta menyampaikan kendala yang dialami saat memulai kerjasama dalam hal riset dan pengembangan kurikulum dengan perguruan tinggi luar negeri. Diskusi berjalan dengan baik dan menghasilkan kesimpulan bahwa akan dibentuk konsorsium agar dapat mempermudah proses Kerjasama luar negeri, pembentukan konsorsium lanjutan akan sangat membantu perkembangan Pendidikan di Jawa Tengah. Dalam sesi penutupan, tak lupa Adhrial mengajak kepada Perguruan Tinggi di Jawa tengah untuk terus meningkatkan kualitas Pendidikan terutama terkait peningkatan kompetensi. “Semoga kita dapat terus bersama-sama meningkatkan sistem  pengelolaan yang jauh lebih baik sehingga dapat bekerjasama dengan perguruan tinggi di dunia, dan pertemuan ini sebagai preliminary meeting yang dapat memicu terbentuknya aliansi dan kerjasama yang lebih baik dengah dunia internasional.” pungkasnya. (Humas/LL6)

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram