Previous slide
Next slide

Kepala LLDIKTI Wilayah VI Serahkan SK Izin Penggabungan dan Pendirian Universitas Safin Pati

Kabupaten Pati yang terkenal dengan semboyan “Pati Bumi Mina Tani” merupakan satu wilayah di sisi utara Provinsi Jawa Tengah, yang sampai dengan awal tahun 2023 ini telah terdapat sejumlah 3 (tiga) perguruan tinggi. Upaya untuk meningkatkan pendidikan tinggi di kabupaten Pati yang berasal dari unsur masyarakat senantiasa bertambah, salah satunya dengan pendirian Universitas Safin Pati yang secara resmi telah menerima Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) pada hari Selasa 21/3.

Bertempat di Gedung C Kantor LLDIKTI Wilayah VI (21/03/23), seremoni penyerahan SK Izin Penggabungan dan Pendirian Universitas Safin Pati dilaksanakan. Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI, Bhimo Widyo Andoko, S.H., M.H., didampingi oleh Kepala Bagian Umum LLDIKTI Wilayah VI, Adhrial Refaddin, S.Ip., MPP., memimpin acara penyerahan ini. Pembina dan Ketua Yayasan Safin Bina Bangsa selaku badan penyelenggara Universitas Safin Pati beserta jajarannya turut hadir.

Dalam sambutannya, Kepala LLDIKTI VI menyampaikan apresiasi dan selamat atas upaya Yayasan Safin Bina Bangsa untuk memajukan pendidikan tinggi di Pati. “SK ini sebagai bukti konkrit bahwa niat dan cita-cita mulia yang telah diupayakan dari awal pertama kali berkomitmen menggabungkan 3 Perguruan Tinggi Swasta ini telah mencapai hasil yang diinginkan, yaitu Izin Penggabungan PTS. Hal ini merupakan langkah awal karena tantangan yang dihadapi kedepan dengan adanya perubahan yang begitu cepat dan adanya aturan yang mensyaratkan standar mutu.” Ungkap Kepala LLDIKTI VI.

Setelah melalui proses yang panjang, pada akhirnya izin penggabungan 3 (tiga) perguruan tinggi swasta, yakni Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Triguna Utama Pati, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Asuh Mitra Solo dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Duta Gama Klaten menjadi Universitas Safin Pati telah disahkan melalui SK Mendikbudristek Nomor 246/E/O/2023. Kepala LLDIKTI menambahkan pesan “Tidak cukup hanya sampai disini dan memenuhi syarat minimal saja, namun mutu pendidikan tinggi hasil penggabungan 3 PTS ini harus dapat ditingkatkan, penjaminan mutu eksternal sebagai hasil luarannya.”

Pembina Yayasan Safin Bina Bangsa Pati, H Saiful Arifin, menyampaikan terimakasih atas amanah dan kepercayaan dari pemerintah untuk Universitas Safin Pati. “SK ini sangat kami nantikan karena akhirnya Kabupaten Pati mempunyai Universitas yang pertama. Kami bertekad dengan penuh tanggung jawab sebagai awal dan permulaan untuk mengembangkan pendidikan tinggi di Pati. Dan selanjutnya kami mohon bimbingan, arahan dan dukungan dari LLDIKTI VI.” Papar Saiful Arifin. Rektor Universitas Safin Pati, Martono, menambahkan “Dengan 16 program studi di Universitas Safin Pati kami bertekad untuk menjalankan pendidikan tinggi sesuai aturan, penjaminan mutu yang berkualitas dan para alumni nantinya menjadi lulusan dengan potensi tinggi untuk serapan di dunia industri dan dunia kerja.” Puncak acara ditandai seremonial penyerahan SK dari Kepala LLDIKTI kepada Pembina Yayasan Safin Bina Bangsa, dilanjutkan foto bersama dan penyampaian testimoni dari Pembina Yayasan dan Rektor Universitas Safin Pati atas Pelayanan LLDIKTI Wilayah VI yang cepat, memberi kemudahan, responsive dan komunikatif, serta bebas biaya. Selamat untuk Universitas Safin Pati! (Humas LL6)

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram