Previous slide
Next slide

LLDIKTI Wilayah VI Kembali Gelar Rakor Pimpinan Badan Penyelenggara dan Perguruan Tinggi Tahun 2023

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI menyelenggarakan Rapat Koordinasi Pimpinan Badan Penyelenggara dan Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta LLDIKTI Wilayah VI Tahun 2023, Rabu (1/2/2023). Kegiatan dilaksanakan di Gedung Rama Shinta Hotel Patra Jasa Hotel dengan dihadiri pimpinan perguruan tinggi negeri maupun swasta di Jawa Tengah.

Kegiatan yang yang salah satu tujuannya adalah untuk memberikan pemahaman terkait sistem/kebijakan akreditasi perguruan tinggi dan program studi di era Merdeka Belajar Kampus Merdeka ini dibuka oleh Kepala LLDIKTI Wilayah VI, Bhimo Widyo Andoko, S.H., M.H., dimana dalam sambutannya, beliau menyampaikan berbagai layanan dan capaian LLDIKTI Wilayah VI termasuk memperkenalkan sistem Seruni Advance yang telah diadopsi oleh LLDIKTI lain serta Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.  Kegiatan ini mengundang empat (empat) narasumber yakni Dessy Aliandrina, S.T., M.Sc., Ph.D. (Pelaksana Pusat Kampus Merdeka Mandiri), Dr. Lukman, S.-T., M.Hum. (Direktur Kelembagaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi), Prof. Dr. Ir. Ari Purbayanto, M.Sc. (Direktur Dewan Eksekutif BANPT), serta Prof. Dr. rer. nat. Imam Buchori, S.T. (Ketua Majelis Akreditasi BANPT).

Narasumber Dessy Aliandrina, S.T., M.Sc., Ph.D., dalam paparannya terkait Kebijakan Kemendikbudrisek dalam Mendorong Keberlanjutan Program Kampus Merdeka di Perguruan Tinggi menyampaikan perlunya peningkatan inovasi di Indonesia yang mampu diterima oleh pasar. Oleh karena itu perguruan tinggi melalui dosen dan mahasiswanya harus memilki kemampuan bukan hanya untuk berinovasi namun juga membaca kebutuhan pasar. Kemudian ia menekankan agar perguran tinggi tidak hanya memandang program MBKM sebagai program periodikal namun sebagai upaya pembenahan mindset pendidikan di Indonesia.

Menyampaikan kebijakan Dirjen Diktiristek dalam mendorong peningkatan pelaksanaan tridharma menuju world class univeristy, Dr. Lukman, S.-T., M.Hum, memaparkan filosofi MBKM didorong oleh empat perubahan sistem di Indonesia yakni pergeseran ekonomi, adanya perubahan sosial dan budaya, adanya perubahan lanskap pasar kerja serta adanya perubahan visi Indonesia 2045. Beliau menambahkan bahwa demi menuju world class university, perguruan tinggi di Jawa Tengah harus senantiasa memperhatikan peningkatan kualitas kelembagaannya, penataan perguruan tinggi, pengendalian dan penilaian perguruan tinggi. 

Prof. Dr. Ir. Ari Purbayanto, M.Sc. dan Prof. Dr. rer. nat. Imam Buchori, S.T. yang memaparkan materinya secara panel dan dimoderatori oleh Prof. Dr. Intiyas Utami, S.E., M.Si., Ak., CA., CMA., QIA., C.Fra. menyampaikan teknis impelementasi kebijakan Kemendikbudristek terkait akreditasi serta kebijakan dan pelaksanaan akreditasi perguruan tinggi dan program studi.

Dalam kesempatan ini pula, LLDIKTI Wilayah VI meluncurkan kampanye strategis yang juga merupakan platform komunikasi strategis bertajuk “GO BEYOND – Innovate and Inspire”. “GO BEYOND” dapat diterjemahkan menjadi: Bergerak melewati Batasan diri dan menjadi versi yang terbaik dengan melakukan perbaikan dan inovasi terus menerus untuk memberikan layanan dan kinerja yang prima, serta menginspirasi para pemangku kepentingan baik di Jawa Tengah maupun Nasional.

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram