Previous
Next

Tunjukkan Komitmen Riset & Inovasi, UKSW Jalin Kerja Sama dengan Pemprov Jawa Tengah

Rektor Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Prof. Dr. Intiyas Utami, S.E., M.Si., Ak., dan Wakil Gubernur Jawa Tengah H. Taj Yasin Maimoen menandatangani kesepakatan bersama antara UKSW dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah; tentang Penyelenggaraan Pemerintahan, Pembangunan dan Kemasyarakatan melalui Kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Jawa Tengah, Senin (19/12/2022) sore di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Semarang. Penandatanganan kesepakatan bersama tersebut dirangkai dengan kegiatan Penerimaan Anugerah Pemetaan Daya Saing Daerah (PDSD) Provinsi Jawa Tengah Tahun 2022, hasil kerja sama antara Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dengan Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA), Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Selain Bupati dan Walikota penerima Anugerah PDSD, hadir juga dalam acara ini Deputi Bidang Pemantauan Evaluasi dan Pengendalian Pembangunan Kementerian BAPPENAS Ir. Rudy Suprihadi Prawidinata, MCRP., Ph.D., dan Deputi Bidang Riset dan Inovasi Daerah, Badan Riset dan Inovasi Nasional Republik Indonesia Dr. Yopi.

Sementara itu turut hadir dari UKSW adalah Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi dan Kewirausahaan Prof. Dr. Ir. Eko Sediyono, M.Kom., Direktur Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Dr. Kristoko Dwi Hartomo, S.Kom., M.Kom., dan Direktur Direktorat Penjaringan Beasiswa dan CSR Pratiwi Cristin Harnita, S.Sos., M.I.Kom.

Libatkan pendidikan

Wakil Gubernur Jawa Tengah dalam sambutannya mengatakan bahwa penghargaan ini dapat  dijadikan momentum untuk menumbuh kembangkan sistem inovasi dan kesiapan teknologi daerah. Harapannya ke depan akan terbangun ekosistem inovasi daerah yang melibatkan berbagai sektor terutama pendidikan, kesiapan infrastruktur, sumber daya manusia dan anggaran. Keterlibatan dunia pendidikan dinyatakan dengan penandatanganan kesepakatan bersama dengan dua perguruan tinggi yang ada di Jawa Tengah. 

“Harapannya, dengan adanya sinergitas peran dan fungsi, BRIDA dapat menopang program-program pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam mendorong peningkatan daya saing daerah menuju pasar global,” kata  Wakil Gubernur Jawa Tengah.

Tunjukkan komitmen UKSW

Rektor UKSW Prof. Dr. Intiyas Utami, S.E., M.Si., Ak., mengatakan kesepakatan bersama ini menunjukkan komitmen UKSW untuk melakukan kerja sama dengan BRIN dan nantinya akan dibentuk BRIDA. Dengan terbentuknya BRIDA, UKSW akan menyelenggarakan tema-tema penelitian yang menjadi fokus UKSW selama ini sesuai dengan kekuatan pusat studi yang ada.

“Kita akan mengambil tema-tema yang sesuai dengan kekuatan pusat studi di UKSW. Misalnya pusat studi yang berkaitan dengan stunting atau batik tenun yang baru saja di launching kemarin. Hal ini  menjadi kesempatan yang baik bagi UKSW untuk menunjukkan komitmen serta kontribusinya dalam riset dan inovasi, khususnya di Jawa Tengah,” kata Prof. Dr. Intiyas Utami, S.E., M.Si., Ak.

Selain UKSW, perguruan tinggi lainnya yang ikut menandatangani kerja sama ini adalah Universitas Katolik Soegijapranata.  Acara Anugerah PDSD dihadiri juga oleh 14 kabupaten dan kota penerima penghargaan, dan 3 kabupaten kota dengan predikat buku laporan terbaik.

Salam Satu Hati UKSW!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram