Previous
Next

Dies Natalis 66 UKSW, Rektor Perempuan Pertama Dilantik

Menjadi puncak peringatan Dies Natalis Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), diselenggarakan Rapat Senat Terbuka UKSW dalam rangka Dies Natalis ke-66 dan Penyerahan Jabatan Rektor periode 2017-2022 dan Pelantikan Rektor periode 2022-2027, Rabu (30/11/2022) di Balairung Universitas. 

Dalam sambutannya, Rektor UKSW Periode 2017-2022 Neil Semuel Rupidara, S.E., M.Sc., Ph.D., mengatakan bahwa menjadi rektor adalah mandat yang dititipkan Tuhan yang harus dipertanggungjawabkan.

Mandat Tuhan

“Hari ini kami datang untuk mempertanggungjawabkan apa yang kami kerjakan kepada seluruh sivitas akademika, dan terlebih kepada Tuhan yang memberikan mandat,” katanya.

Disampaikannya, selama kepemimpinannya, Neil Rupidara, S.E., M.Sc., Ph.D., dan para pembantu rektor telah berusaha untuk mengembalikan UKSW seperti awal pembentukannya, “Back to Basic”.

“Tuhan sudah menolong kami dalam mengusahakan yang terbaik bagi universitas walaupun belum semua mencapai target,” tegasnya.

Prosesi penyerahan jabatan Rektor Periode 2017-2022 diawali dengan pelepasan kalung jabatan dekan oleh Rektor UKSW Periode 2017-2022 Neil Semuel Rupidara, S.E., M.Sc., Ph.D. Selanjutnya, prosesi dilanjutkan dengan penyerahan bendera universitas dan laporan akhir jabatan kepada Ketua Pembina Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Satya Wacana (YPTKSW) Prof. Dr. Thomas Pentury, M.Si., yang dilanjutkan dengan pelepasan kalung jabatan Rektor dan Pembantu Rektor UKSW periode 2017-2022.

Pelantikan Rektor 2022-2027 Prof. Dr. Intiyas Utami, S.E., M.Si., Ak., dilantik oleh Ketua Pengurus YPTKSW sebagai Rektor UKSW Periode 2022-2027 berdasar Keputusan Pengurus YPTKSW No 028/D/YSW-2/XI/2022 tentang

pengangkatan Saudari Prof. Dr. Intiyas Utami, S.E., M.Si., Ak., sebagai Rektor UKSW periode 2022-2027.

Pelantikan ditandai dengan penyematan kalung jabatan dan penyerahan bendera universitas oleh Ketua Pengurus YPTKSW Hari Sunarto, S.E., MBA., Ph.D. Dilantik dalam kesempatan ini adalah Rektor UKSW Prof. Dr. Intiyas Utami, S.E., M.Si., Ak., Wakil Rektor Bidang Akademik, Pengajaran dan Kemahasiswaan Prof. Ferdy Samuel Rondonuwu, S.Pd., M.Sc., Ph.D., Wakil Rektor Bidang Keuangan, Infrastruktur dan Perencanaan Priyo Hari Adi, S.E., M.Si., Ph.D., Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi dan Kewirausahaan Prof. Dr. Ir. Eko Sediyono, M.Kom., dan Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Kealumnian Yafet Yosafat Wilben Rissy, S,H., M.Si., Ph.D.

Entrepreneurship Research University

Dalam sambutannya, Rektor perempuan pertama UKSW ini mengatakan akan meneruskan tapak prestasi UKSW dari kepemimpinan era 2017-2022 yang sebelumnya telah membawa UKSW sebagai research university dan mampu mempertahankan peringkat akreditasi institusi A dan saat ini bersiap menuju Unggul. Siklus Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian dan Peningkatan Standar  (PPEPP) sudah dilaksanakan dengan lengkap di penjaminan mutu.  

“Saya yakin dengan kekuatan yang kita miliki dalam hal sumber daya talenta, sarana prasarana, infrastruktur pembelajaran, sistem informasi yang cerdas ditambah dukungan alumni yang sangat kuat, jejaring kampus dengan mitra-mitra nasional dan internasional menjadi aset untuk meraih kinerja UKSW unggul,” katanya.

Ditegaskannya, ke depan Prof. Dr. Intiyas Utami, S.E., M.Si., Ak., bersama wakil rektor mengusung visi kepemimpinan  UKSW sebagai Entrepreneurship Research University yaitu menjadi universitas Kristen yang progresif di kawasan Asia dalam menghasilkan Tri Dharma yang berdaya dampak untuk transformasi pembangunan. Selanjutnya, untuk mencapai visi kepemimpinan tersebut UKSW harus menjadi universitas Kristen yang progresif dalam melakukan percepatan untuk meraih rekognisi pada level nasional dan global.

“Pada lima tahun yang akan datang tajuk Renstra UKSW adalah Progress for becoming Outstanding  (PROUD). Progress berarti melakukan tindakan percepatan yang terstruktur, sistematis dan terukur dengan mengutamakan mutu. Unggul (outstanding) bermakna target yang diraih adalah untuk unggul di bidang integrasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, unggul dalam kemajuan pengetahuan, teknologi dan informasi serta unggul sebagai barometer perubahan kebijakan di level nasional dan internasional,” lanjutnya.

Terkait kondisi resesi ekonomi dunia, tahun politik Indonesia, hingga isu toleransi, dibawah kepemimpinan Prof. Dr. Intiyas Utami, S.E., M.Si., Ak., UKSW akan turut menjaga dunia diawali dengan menjaga universitas dengan cinta kasih, toleransi dan kerja sama. Hal ini selaras dengan salah satu peran yang akan diambil UKSW dalam menghadapi era disruptif yakni dengan menjadi agen perubahan yang kritis, kreatif dan inovatif. Melalui hal ini diharapkan UKSW mampu berkontribusi untuk menyelesaikan masalah yang diangkat dalam Presidensi G20 yakni siap berperan untuk riset dan kajian ilmiah di bidang sistem kesehatan, transformasi ekonomi dan digital serta transisi energi.

“UKSW telah memulainya dengan kajian riset seperti misalnya stunting, data sains, Sustainable Development Goals (SDGs-red) dan bidang strategis lainnya. Hal ini akan ditingkatkan dengan melakukan kolaborasi interdisiplin, multidisiplin dan transdisiplin,” tegasnya.

Peran UKSW

Berada pada era disruptif, dalam kesempatan sambutan pertamanya sebagai Rektor UKSW, Prof. Dr. Intiyas Utami, S.E., M.Si., Ak., juga menyampaikan peran kampus ini dalam menghadapinya. Salah satu yang disampaikannya, UKSW adalah kampus Indonesia Mini yang terus dan tetap akan menjaga toleransi kebhinekaan dan menjadi rupa Indonesia, cermin keberagaman dan dalam kesatuan.

Hal ini senada dengan sambutan Gubernur Jawa Tengah H. Ganjar Pranowo, S.H., M.I.P., yang diwakilkan oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan I Sunarto, S.Pd., M.Pd. Disampaikannya, UKSW harus mampu mengambil peran penting untuk terus menanamkan semangat cinta tanah air dan nilai-nilai kebangsaan kepada seluruh unsur civitas akademika. Perguruan tinggi sebagai miniatur Indonesia yang kaya akan keberagaman harus bisa menghasilkan generasi yang berkualitas dan cinta tanah air. Lebih lanjut dalam sambutannya, Gubernur Jawa Tengah mengharapkan UKSW sebagai kampus yang berlandaskan nilai agama Kristen mampu mengejawantahkan firman dalam Alkitab dalam kegiatan kampus. Disisi lain, disampaikan H. Ganjar Pranowo, S.H., M.I.P., tantangan ke depan harus direspon cepat oleh semua pemangku kepentingan termasuk perguruan tinggi, mengingat kemajuan negara tergantung pada pendidikan, kualitas institusi dan kesediaan infrastruktur. Di tangan perguruan tinggilah sumber daya manusia, riset dan inovasi dikelola agar mampu meningkatkan daya saing Indonesia. Ditekankannya, perguruan tinggi harus berbenah dan menyesuaikan diri dengan memperhatikan beberapa elemen seperti sistem pembelajaran yang inovatif, rekonstruksi kebijakan kelembagaan pendidikan tinggi yang adaptif dan responsif, peremajaan sarana dan prasarana dan

juga mendorong mahasiswa dalam hal riset.

Dalam kesempatan ini, melalui sambutannya, Gubernur Jawa Tengah juga menyampaikan selamat kepada Prof. Dr. Intiyas Utami, S.E., M.Si., Ak., sebagai perempuan pertama yang dipercaya menjabat sebagai Rektor UKSW. Dengan pengalaman Prof. Dr. Intiyas Utami, S.E., M.Si., Ak., selama meniti karir sebagai Kepala Lembaga Penjaminan Mutu, Guru Besar Bidang Akuntansi, dan juga Staf Khusus Gubernur Nusa Tenggara Timur maupun kiprahnya di Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi (BAN-PT) akan mampu menahkodai UKSW melaju menjadi kampus yang unggul.

Selain dihadiri Pembina, Pengawas dan Pengurus Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Satya Wacana (YPTKSW), acara ini juga dihadiri Forkopimda Kota Salatiga, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah Sunarto, S.Pd., M.Pd., Staf Khusus Gubernur Nusa Tenggara Timur, Djarum Foundation, Rektor Universitas Kristen Indonesia Papua (UKIP) dr. Sophian Andi, M.Pd.k., serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Sehari sebelumnya, di tempat yang sama UKSW menggelar Kebaktian Syukur Dies Natalis ke-66 UKSW, Selasa (29/11/2022) sore. Bermegahlah di dalam Tuhan yang didasari oleh Nats Alkitab 1 Korintus 1:31 menjadi tema yang diangkat dalam kebaktian syukur dengan Pdt. Dr. Mery Loise Yuliana Kolimon yang merupakan Ketua Umum Sinode Gereja Masehi Injili Timor (GMIT) sebagai pembawa Firman Tuhan.

Salam Satu Hati UKSW!

Penyerahan bendera universitas kepada Ketua Pembina Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Satya Wacana (YPTKSW) Prof. Dr. Thomas Pentury, M.Si., sebagai tanda penyerahan jabatan Rektor Periode 2017-2022.

Rektor UKSW Prof. Dr. Intiyas Utami, S.E., M.Si., Akt., CA., CMA., QIA., CfrA., memberikan sambutan setelah dilantik menjadi Rektor Periode 2022-2027.

Pelantikan Rektor dan Wakil Rektor Periode 2022-2027 dengan penyerahan bendera universitas oleh Ketua Pengurus YPTKSW Hari Sunarto, S.E., MBA., Ph.D.

Pelantikan Rektor dan Wakil Rektor Periode 2022-2027 ditandai dengan penyematan kalung jabatan oleh Ketua Pengurus YPTKSW Hari Sunarto, S.E., MBA., Ph.D.

Rektor UKSW Prof. Dr. Intiyas Utami, S.E., M.Si., Ak., berfoto bersama dengan Wakil Rektor periode 2022 – 2027.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan I Sunarto, S.Pd., M.Pd. sat membacakan sambutan Gubernur Jawa Tengah dalam Upacara Dies Natalis UKSW. 

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram