Previous
Next

Tiga Ide Slide Agenda Presentasi Yang Menarik Untuk Sidang Mahasiswa

Setiap mahasiswa baik S1, S2 maupun S3 yang mau lulus kuliah harus berhadapan dengan ujian sidang hasil penelitiannya sebagai tugas akhir. Mahasiswa perlu melakukan persiapan dengan sebaik-baiknya, diantaranya membuat slide presentasi.

Slide presentasi yang dibuat mesti menarik. Hal tersebut perlu dilakukan oleh mahasiswa untuk memperlihatkan kesungguhan dalam menyiapakan presentasi sidang tugas akhir kepada dosen penguji. Di samping itu, karena slide yang menarik menampilkan keindahan, maka gagasan yang disampaikan oleh mahasiswa akan lebih mudah diterima oleh dosen penguji.

Slide presentasi yang menarik merupakan slide presentasi yang indah dan tampilannya harmonis yang terlihat dari elemen desainnya seperti layout, gambar, icon, shape, garis, kombinasi font, dan tema warna.

Salah satu slide presentasi yang mahasiswa mesti buat adalah slide agenda. Slide agenda memberikan gambaran tentang konten yang akan dijelaskan dan memberikan struktur pada presentasi yang mahasiswa akan utarakan.

Berikut ini tiga ide slide agenda presentasi yang mahasiswa dapat tampilkan ketika mahasiswa melakukan sidang hasil penelitian.

Slide yang pertama di atas dapat Anda siapkan dengan menggunakan gambar, shape oval, shape rectangle dan teks. Anda dapat men-download gambar dari website yang menyediakan gambar yang gratis atau berbayar. Jika Anda ingin mendapatkan gambar yang gratis, maka Anda dapat mencarinya di https://www.pexels.com/. Untuk membuat slide yang pertama di atas, maka Anda masukan gambarnya ke dalam slide yang kemudian Anda crop gambarnya sesuai dengan ukuran yang Anda inginkan seperti gambar di atas. Selanjutnya, Anda masukkan lima shape oval kecil warna oranye dan shape outlinenya diberi warna putih dengan weight 6 pt untuk menimbulkan kesan coakan. Lalu, di bagian ujung sebelah kanan slide, Anda masukkan shape rectangle dengan lebar yang kecil, tetapi memanjang ke bawah yang warnanya oranye. Terakhir, Anda masukkan teks dengan warna kuning dan hitam untuk judul dan warna putih dan hitam untuk body teksnya.

Untuk slide yang kedua, maka Anda dapat membuatnya dengan menggunakan gambar, shape parallelogram, garis dan teks. Untuk membuat slide yang kedua di atas, maka Anda masukkan tujuh shape parallelogram. Lalu, Anda masukan lima gambar yang berbeda ke dalam lima shape parallelogram dengan menggunakan fitur merge shape, yaitu union dan intersect. Selanjutnya, shape parallelogram pada bagian kiri dan kanan, Anda beri warna oranye. Kemudian, Anda masukkan teks warna oranye dan putih untuk judul dan body teksnya warna oranye dan putih. Terakhir, Anda masukkan garis warna putih dengan weight 4,5 pt yang diletakkan di bawah judul slide.

Sementara itu, untuk membuat slide yang ketiga di atas, maka Anda dapat menggunakan gambar, shape rectangle, garis dan teks. Langkahnya, pertama, masukan gambarnya ke dalam slide dan kemudian Anda crop gambarnya sesuai dengan ukuran yang Anda inginkan seperti gambar di atas. Kedua, Anda masukkan shape rectangle warna oranye yang lebarnya kecil yang memanjang ke samping di atas gambar. Ketiga, Anda masukan teks untuk judul dan body teks dengan kombinasi warna oranye dan hitam. Terakhir, Anda masukkan garis warna hitam yang begin arrow type nya ada bulatan kecil dengan weight 3 pt.

Demikianlah, tiga ide slide agenda presentasi yang menarik untuk sidang mahasiswa.

Untuk membuatnya, maka Anda dapat menggunakan elemen desain seperti gambar, shape, garis dan teks. Dengan kombinasi elemen desain tersebut yang ditunjang oleh teknik kreatif desain slide, maka Anda dapat menghasilkan slide agenda lainnya yang menarik dan berbeda.

Jika postingan ini bermanfaat bagi Anda, maka jangan lupa berikan komentar pada postingan ini demi kelangsungan pengembangan blog ini. Selain itu, bagikan postingan ini ke kolega Anda agar kolega Anda dapat juga belajar dari postingan ini. Terima kasih atas bantuan yang telah Anda lakukan untuk menyebarkan postingan ini.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram