Previous
Next

Pengelola PDDikti Harus Melaporkan Data Secara Lengkap dan Valid

Lahirnya PDDikti diawali dengan sebuah aplikasi bernama EPSBED (Evaluasi Program Studi Berbasis Evaluasi Diri) populer dengan sebutan aplikasi Layar Biru di tahun 2002. Pada tahun 2009, nama EPSBED berubah menjadi PDPT (Pangkalan Data Pendidikan Tinggi). Kemudian pada tahun 2014, PDPT berubah menjadi PDDikti, dan menjadi satu hal yang amat penting bagi perkembangan dunia pendidikan tinggi Indonesia.

Mengingat pentingnya PDDikti, setiap penyelenggara perguruan tinggi wajib menyampaikan data dan informasi penyelenggaraan perguruan tinggi serta memastikan kebenaran dan ketepatannya. Dalam rangka mendukung kelancaran pelaporan data tersebut, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI menyelenggarakan Workshop Pelaporan PDDikti Semester Genap 2021/2022 Angkatan I di The Alana Hotel Solo (20-21/05).

Kepala LLDIKTI Wilayah VI Bhimo Widyo Andoko, SH, MH dalam sambutannya menyampaikan bahwa data PDDikti merupakan data yang sangat penting dan menjadi dasar dalam pemetaan, pengambilan kebijakan dari LLDIKTI maupun pusat. “Data PDDikti merupakan hal yang sangat penting saat ini, karena dijadikan dasar dalam pemetaan, pengambilan kebijakan dan pengawasan dari LLDIKTI ataupun dari pusat,” ungkapnya.

Mengingat data PDDikti ini sangat penting Bhimo menghimbau bahwa pengelola PDDikti harus melaporkan data secara lengkap dan valid. “Mengingat pentingnya data PDDikti tersebut, kami himbau untuk pengelola melaporkan data secara lengkap dan data yang dilaporkan harus valid,” himbaunya.

Lebih lanjut Bhimo menyampikan bahwa tanggung jawab pelaporan PDDikti tidak hanya melekat di pengelola tetapi juga di sisi bidang akademik. “Tanggung jawab pelaporan ini tidak hanya melekat di pengelola tetapi juga di sisi bidang akademik, dan yang tidak kalah pentingnya adalah komitmen Pimpinan Perguruan Tinggi dalam melaporkan PDDikti secara valid dan tepat waktu,” tambahnya.

Di akhir sambutan Bhimo mengucapkan apresiasi sebesar-besarnya kepada pengelola PDDikti. “Mengingat pentingnya peran pengelola PDDikti dalam garda terdepan pelaporan PDDikti, kami ucapkan apresiasi yang sebesar-besarnya atas dedikasi dalam melaporkan data PDDikti,” tutupnya.

Tampak hadir dalam acara pembukaan, Kepala LLDIKTI Wilayah VI Bhima Widyo Andoko, SH HM, Ketua Pokja Sistem Informasi Nurkholis, MKom, Pranata Komputer Ahli Madya Ngadiyanto, MKom, dua narasumber Sugiyamta, M.Kom dari Universitas STIKUBANK dan Fahri Firdausillah, S.Kom, M.CS dari Universitas Dian Nuswantoro, serta 62 pengelola PDDikti dari 62 PTS di Jawa Tengah.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram