Previous
Next

Dua Ide Slide Profil Presentasi Yang Menarik Untuk Sidang Mahasiswa

Salah satu kebutuhan yang sangat penting bagi mereka yang berstatus mahasiswa adalah melakukan presentasi sidang hasil penelitian baik sebagai mahasiswa S1, S2 maupun S3 kepada dosen penguji.

Penampilan yang tidak baik bisa berdampak pada penyesalan, karena akan sangat berpengaruh terhadap nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Itu artinya masa depan Anda dipertaruhkan disini. 

Menyadari pentingnya presentasi sidang hasil penelitian S1, S2 dan S3, maka Anda perlu  mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Selain mempersiapkan materi hasil penelitian dan penyampaian presentasi dengan baik, maka Anda juga perlu menyiapkan slide presentasi yang menarik.

Salah satu slide presentasi yang mesti Anda buat adalah slide profil. Profil disini adalah identitas yang menayangkan foto Anda sendiri. Mungkin menampilkan foto Anda dalam slide presentasi hasil sidang penelitian merupakan sesuatu yang tidak umum. Tetapi, Anda bisa mencobanya sebagai medium untuk mem-branding diri Anda sendiri ketika slide presentasi tersebut dilihat oleh pihak terkait lainnya.

Berikut ini dua ide slide profil presentasi yang dapat Anda tampilkan ketika Anda melakukan sidang hasil penelitian. Foto, identitas mahasiswi dan nama dosen penguji bukan fakta yang sesungguhnya. Hal tersebut hanya sebagai contoh untuk menggambarkan dua ide slide profil tersebut.

Slide yang pertama di atas dapat Anda siapkan dengan menggunakan foto Anda sendiri. Ketika Anda mengambil foto Anda sendiri dengan background yang begitu kontras, maka hasil dari menggunakan fitur remove background yang ada di Microsoft Power Point  akan memberikan hasil yang maksimal. Background slide warna terang dapat Anda gunakan untuk slide profil Anda. Kemudian, di atas background slide Anda gunakan elemen desain yang warnanya kontras. Untuk teks, Anda dapat menambahkan nama Anda dengan warna kuning dan nama dosen penguji Anda dengan warna hitam. Di samping itu, untuk memperindah tampilan slide profil, maka Anda dapat menambahkan shape circle hollow, tiga shape oval yang kecil, shape isosceles triangle kecil di sebelah nama Anda dan garis pendek yang diberi shape outline warna hitam dengan weight 4,5 pt di sebelah nama dosen penguji Anda.

Sama seperti slide yang pertama di atas, maka sebagai alternatif Anda dapat menyiapkan slide profil yang kedua dengan ide yang berbeda. Anda dapat menggunakan background slide warna gelap. Kemudian, di atas background slide tersebut, Anda gunakan elemen desain yang warnanya kontras. Untuk teks, Anda dapat menampilkan nama Anda dengan warna oranye dan nama dosen penguji Anda dengan warna putih. Di samping itu, untuk memperindah tampilan slide profil, maka Anda dapat menambahkan shape frame, shape isosceles triangle kecil di sebelah nama Anda dan garis pendek yang diberi shape outline warna putih dengan weight 4,5 pt di sebelah nama dosen penguji Anda.

Demikianlah, dua ide slide cover presentasi yang menarik untuk sidang mahasiswa.

Di samping dua ide slide profil di atas, maka Anda dapat membuat tampilan slide profil presentasi lainnya yang berbeda. Misalnya, untuk membuatnya, maka Anda dapat menggunakan shape blob.

Slide profil presentasi yang Anda buat mesti semenarik mungkin. Buatlah dosen penguji Anda terkesan dengan slide presentasi yang Anda siapkan, di samping penguasaan materi sidang hasil penelitian yang baik dan penyampaian presentasinya yang efektif.

Jika postingan ini bermanfaat bagi Anda, maka jangan lupa berikan komentar pada postingan ini demi kelangsungan pengembangan blog ini. Selain itu, bagikan postingan ini ke kolega Anda agar kolega Anda dapat juga belajar dari postingan ini. Terima kasih atas bantuan yang telah Anda lakukan untuk menyebarkan postingan ini.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram