Previous
Next

Tiga Ide Slide Cover Presentasi Yang Menarik Untuk Sidang Mahasiswa

 by Erry Ricardo Nurzal

Aktifitas presentasi di lingkungan kampus merupakan aktifitas yang perlu dilakukan oleh mahasiswa. Salah satunya adalah jika Anda sebagai mahasiswa, maka Anda perlu menyampaikan hasil penelitian yang telah Anda lakukan baik sebagai mahasiswa S1, S2 maupun S3 kepada dosen penguji Anda.

Untuk melakukan presentasi tersebut, maka Anda perlu menyiapkan slide presentasi. Namun, Anda bisa mengalami kendala dalam membuatnya, karena bisa jadi Anda belum mempunyai ide untuk menyiapkan slide presentasi yang menarik.

Salah satu slide presentasi yang mesti Anda buat adalah slide cover.

Slide cover presentasi merupakan slide yang sangat penting. Hal ini karena slide cover presentasi merupakan jendela awal bagi Anda untuk menyajikan hasil penelitian Anda kepada dosen penguji Anda. Oleh karena itu, Anda perlu membuat semenarik mungkin.

Misalnya, Anda sebagai mahasiswa manajemen ingin memberikan presentasi hasil penelitian kepada dosen penguji Anda dengan judul : Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penerimaan Open Source Software Dengan Menggunakan Model Penerimaan Teknologi Yang Dimodifikasi.

Untuk membuat slide cover presentasi dengan judul tersebut, maka bisa jadi Anda mengalami kendala. Kendalanya adalah ketika Anda ingin menggunakan gambar untuk membuat slide presentasi tersebut, maka teks yang Anda masukan ke dalam gambar bertumpuk dengan gambar tersebut, sehingga dosen penguji Anda tidak bisa membaca teks yang Anda tampilkan.

Untuk itu, dalam membuat slide cover presentasi tersebut, maka Anda bisa menggunakan tiga ide slide cover presentasi berikut ini.

Slide yang pertama di atas dapat Anda siapkan dengan menggunakan gambar yang relevan. Agar judul teks dan keterangan lainnya dapat dibaca oleh dosen penguji Anda, maka gambar yang telah Anda masukan ke dalam slide presentasi perlu ditutup dengan menggunakan shape parallelogram yang diberi warna solid putih. Tujuannya agar Anda bisa meletakkan teks di atas shape tersebut yang bisa dibaca oleh dosen penguji Anda. Selanjutnya, Anda bisa menambahkan garis pendek yang diberi shape outline warna oranye dengan weight 4,5 pt yang diletakkan di bawah judul, shape frame warna oranye dan shape parallelogram kecil warna oranye yang ditempelkan pada sisi miring gambar untuk memperindah tampilan slide.

Untuk membuat slide yang kedua di atas, maka setelah Anda memasukkan gambar ke dalam slide, Anda perlu menutup sebagian bidang gambar tersebut dengan shape oval warna putih yang Anda atur transparansinya menjadi sebesar 10 %. Hal ini dapat Anda lakukan dengan menggunakan fitur format shape, solid fill, dan transparency 10 %. Kemudian, Anda bisa menambahkan garis pendek yang diberi shape outline warna oranye dengan weight 4,5 pt yang diletakkan di bawah judul dan shape oval warna oranye di sebelah shape oval tranparan warna putih untuk memperindah tampilan slide.

Sementara itu, untuk membuat slide yang ketiga di atas, maka di atas gambar yang telah Anda masukkan ke dalam slide, Anda perlu menggunakan shape rectangle yang besarnya kira-kira sepertiga dari ukuran slide. Lalu, Anda atur gradient fill nya. Fitur yang Anda gunakan adalah format shape dan gradient fill (type, direction, dan gradient stops (color, position, transparency)). Setelah itu, Anda bisa menyesuaikan ukuran shape rectangle tersebut dengan menariknya ke sebelah kiri, sehingga Anda bisa meletakkan teks yang dapat dibaca oleh dosen penguji Anda. Selanjutnya, Anda bisa menambahkan garis pendek yang diberi shape outline warna oranye dengan weight 4,5 pt yang diletakkan di bawah judul dan shape frame warna oranye untuk memperindah tampilan slide.

Demikianlah, tiga ide slide cover presentasi yang menarik untuk sidang mahasiswa.

Di samping tiga ide slide cover di atas, maka Anda dapat membuat tampilan slide cover presentasi lainnya yang berbeda. Untuk membuatnya, maka Anda tidak perlu menjadi seorang designer, tetapi Anda perlu memahami prinsip desain, elemen desain, fitur kreatif power point, teknik kreatif desain slide dan sumber inspirasi desain slide. Pengetahuan dan keahlian tersebut sangat bermanfaat bagi Anda tidak hanya sebagai mahasiswa pada saat ini, tetapi juga untuk karir profesional Anda ke depannya.

Slide cover presentasi yang Anda buat mesti semenarik mungkin. Hal ini karena slide cover presentasi merupakan slide pertama yang dilihat oleh dosen penguji Anda. Buatlah kesan yang baik untuk mereka dimana hal tersebut bisa meningkatkan apresiasi mereka kepada Anda, karena Anda telah sungguh-sungguh untuk menyiapkannya.

Jika postingan ini bermanfaat bagi Anda, maka jangan lupa berikan komentar pada postingan ini demi kelangsungan pengembangan blog ini. Selain itu, bagikan postingan ini ke kolega Anda agar kolega Anda dapat juga belajar dari postingan ini. Terima kasih atas bantuan yang telah Anda lakukan untuk menyebarkan postingan ini.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram