Previous
Next

Cara Membuat Slide Presentasi Yang Menarik Dengan Enam Teknik Kreatif Desain Slide

Tahukah Anda uy Kawasaki pada bagian pendahuluan buku Presentation Zen : Simple Ideas on Presentation Design and Delivery menyebutkan bahwa 95 % slide presentasi tampak membosankan. Bahkan, menurut Guy Kawasaki, 99 % slide presentasi di seminar yang pernah dia datangi tidak mampu menggunggah audiens (Firmansyah, 2019).

Untuk menggugah audiens Anda, maka Anda mesti dapat membuat slide presentasi yang menarik. Slide presentasi yang menarik merupakan slide presentasi yang indah dan tampilannya harmonis yang terlihat dari elemen desainnya seperti layout, gambar, icon, shape, garis, kombinasi font, dan tema warna.

Untuk mendesain slide presentasi yang menarik dibutuhkan pendekatan desain. Slide presentasi yang dibuat bukan ala kadarnya, tetapi desain slide presentasi yang optimal dan semenarik mungkin. Slide presentasi yang dibuat mesti memberikan sentuhan keindahan secara visual. Perlu dimaknai bahwa desain slide presentasi bukanlah sekadar memasukkan gambar ke dalam slide, lalu digabungkan dengan teks yang menyertainya.

Ada prinsip desain slide presentasi yang mesti dipenuhi untuk membuat slide presentasi yang menarik. Prinsip tersebut mencakup : sederhana, visual, hirarki. balance, CRAP (contrast, repetition, alignment, proximity), dan white space.

Namun, selain prinsip desain yang perlu Anda ketahui, maka Anda juga perlu memahami elemen desain slide seperti :  grid/layout, tema warna, font, dan gambar. Di samping itu, Anda juga perlu mengenal fitur kreatif power point seperti : aspek rasio; crop; resize image; duplicate, align dan distribute shape; insert shape; merge shape; remove background; eyedropper; dan picture filter.

Dan, yang tidak kalah pentingnya, selain Anda mempunyai sumber inspirasi desain slide, maka Anda juga perlu mengetahui teknik-teknik kreatif desain slide presentasi. Teknik-teknik kreatif desain slide tersebut perlu Anda pahami untuk dapat membuat slide presentasi yang menarik.

Ada enam teknik kreatif desain slide presentasi yang dapat Anda gunakan untuk membuat slide presentasi yang menarik. Keenam teknik kreatif desain slide tersebut adalah creative paint splash, creative gradient shape, creative remove background, creative merge shape, creative shape dataviz, dan creative focusing.

Mari kita perhatikan cara membuat slide presentasi yang menarik dengan menggunakan enam teknik kreatif desain slide tersebut. Contoh kasus yang diambil adalah presentasi tentang  kiprah ISBI Bandung dalam memajukan pendidikan seni budaya di Indonesia.

Teknik Kreatif Desain Slide # 1 : Creative Paint Splash

Untuk membuat slide di atas, maka Anda dapat menggunakan teknik creative paint splash. Teknik ini menggunakan teks dari font jenis Dingbat yang kemudian diubah menjadi shape. Salah satu font jenis Dingbat yang digunakan adalah WC Rhesus Bta yang akan menghasilkan pola seperti semburan cat (paint splash).

Dengan menggunakan teknik tersebut, maka Anda tinggal mengatur letak gambar fotonya. Jika Anda menempatkan gambar fotonya di sebelah kiri, maka white space bisa muncul di sebelah kanan dimana Anda dapat memasukkan kata kunci/kalimat ringkas yang menggambarkan pesan yang akan Anda sampaikan.

Demikian sebaliknya, jika Anda meletakkan gambar fotonya di sebelah kanan, maka white space dapat hadir di sebelah kiri dimana Anda dapat memasukkan kata kunci/kalimat ringkas yang menampilkan pesan yang hendak Anda utarakan.

Contoh cara pembuatan slide presentasi dengan menggunakan teknik creative paint splash dapat Anda lihat di postingan dengan judul Cara Membuat Slide Presentasi Yang Visual dan Menarik Dengan Teknik Creative Paint Splash. 

Teknik Kreatif Desain Slide # 2 : Creative Gradient Shape

Teknik yang digunakan untuk membuat slide presentasi di atas adalah creative gradient shape.

Teknik tersebut menggunakan shape yang memudar (gradient shape) untuk menempatkan pesan presentasi yang Anda inginkan tampilkan. Tujuannya adalah untuk menciptakan white space agar slide presentasi Anda tidak semuanya dipenuhi oleh gambar.

Contoh cara pembuatan slide presentasi dengan menggunakan teknik creative gradient shape dapat Anda lihat di postingan dengan judul Anda Ingin Dapat Mendesain Slide Presentasi Yang Menarik Dengan Gradient Shape ? Baca dan Praktekkan Tutorial Ini.

Teknik Kreatif Desain Slide # 3 : Creative Remove Background

Ketika Anda ingin menghilangkan elemen background dalam sebuah gambar, maka Anda dapat menggunakan fitur dalam aplikasi power point. Anda tidak perlu menggunakan aplikasi desain seperti adobe photoshop. Cukup mengoptimalkan kegunaan fitur remove background. Teknik yang digunakan untuk membuat slide presentasinya disebut creative remove background seperti teknik yang digunakan untuk membuat slide di atas.

Contoh cara pembuatan slide presentasi dengan menggunakan teknik creative remove background dapat Anda lihat di postingan dengan judul Cara Mudah Mendesain Slide Presentasi Yang Menarik Dengan Teknik Remove Background

Teknik Kreatif Desain Slide # 4 : Creative Merge Shape

Slide di atas dibuat dengan menggunakan teknik creative merge shape. Anda dapat menggunakan shape yang berbentuk rectangle rounded corners yang Anda masukan gambar yang relevan dengan pesan yang hendak Anda sampaikan. Fitur yang digunakan untuk membuat slide di atas adalah merge shape.

Contoh cara pembuatan slide presentasi dengan menggunakan teknik creative merge shape dapat Anda lihat di postingan dengan judul Cara Mendesain Slide Presentasi Yang Menarik  Dengan Teknik Creative Merge Shape.

Teknik Kreatif Desain Slide # 5 : Creative Shape Dataviz

Jika Anda membuat diagram batang dengan men-copy paste hasilnya dari excel, maka bisa dipastikan hasilnya kurang menarik. Ada cara lain untuk menampilkan diagram batang dengan hasil yang menarik yang menggunakan teknik creative shape dataviz seperti slide di atas.

Untuk membuat slide di atas dengan teknik creative shape dataviz, maka Anda dapat menggunakan shape rectangle yang kemudian Anda masukan gambar yang relevan dengan teks yang ingin Anda masukan.

Contoh cara pembuatan slide presentasi dengan menggunakan teknik creative shape dataviz dapat Anda lihat di postingan dengan judul Cara Membuat Visualisasi Data Diagram Batang Dengan Shape Rectangle.

Teknik Kreatif Desain Slide # 6 : Creative Focusing

Anda dapat mendesain slide presentasi yang menarik yang dapat memudahkan Anda untuk  untuk memunculkan titik fokus pada salah satu obyek yang ada pada bidang gambarnya. Hal ini akan menjadi inti pesan yang secara langsung terkoneksi pada fokus yang ingin dimunculkan. Teknik yang dapat Anda gunakan untuk membuat slide presentasinya disebut creative focusing seperti teknik yang digunakan untuk membuat slide di atas.

Contoh cara pembuatan slide presentasi dengan menggunakan teknik creative focusing dapat Anda lihat di postingan dengan judul Cara Mendesain Slide Presentasi Yang Menarik Dengan Teknik Creative Focusing.

Demikianlah, cara membuat slide presentasi yang menarik dengan enam teknik kreatif desain slide.

Untuk membuatnya, maka sebaiknya Anda menggunakan Microsoft Power Point versi 2013, karena Microsoft Power Point versi 2013 memiliki fitur merge shape yang memudahkan Anda untuk membuatnya.

Untuk memahami langkah-langkahnya, maka Anda perlu mempraktikkannya. Semakin sering Anda melakukan praktik, semakin terampil Anda menggunakan teknik-teknik kreatif tersebut.

Jika postingan ini bermanfaat bagi Anda, maka jangan lupa berikan komentar pada postingan ini agar postingan minggu berikutnya bisa menampilkan insight yang lebih baik. Selain itu, bagikan postingan ini ke kolega Anda agar kolega Anda dapat juga belajar dari postingan ini. Terima kasih atas bantuan yang telah Anda lakukan untuk menyebarkan postingan ini.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram