Previous
Next

LLDIKTI Wilayah VI Berikan Pendampingan Kewirausahaan Bagi Mahasiswa

WhatsApp-Image-2022-06-08-at-1.34.12-PM

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI, pagi ini (08/06) menyelenggarakan Pendampingan Pengembangan Kewirausahaan Bagi Mahasiswa Perguruan Tinggi yang ada di wilayah Jawa Tengah. Kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid, 42 peserta dari 22 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) hadir secara luring di Java Heritage Hotel Purwokerto, dan 162 peserta dari 48 PTS hadir secara daring.

Salah satu tujuan kegiatan ini adalah untuk emberikan pemahaman kebijakan bagi mahasiswa terkait pelaksanaan pembelajaran di luar program studi dalam MBKM perguruan tinggi terutama kewirausahaan. Tiga (3) narasumber yang diundang adalah Dr Elen Puspitasari SE MSi., dari Universitas Stikubank, Dr Nila Tristiarini SE MSi., dari Universitas Dian Nuswantoro, dan Dr Ir Siti Andarwati, SPt MP IPM ASEAN Eng., dari Universitas Gadjah Mada.

Kepala Bagian Umum LLDIKTI Wilayah VI, Adhrial Refaddin SIP MPP yang hadir secara daring dalam sambutan pembukaannya menyatakan bahwa mahasiswa memiliki kesempatan untuk mengembangkan potensinya. “Mahasiswa dapat mengembangkan diri, rute selama menjadi mahasiswa tidak hanya dari kos/rumah ke kampus, tetapi juga mengembangkan dirinya salah satunya dalam bidang wirausaha. Sehingga ketika lulus, mahasiswa tidak hanya menjadi job seeker tetapi bisa menjadi job creator,” ujarnya.

Dr Ellen juga menekankan bahwa bahwa mahasiswa menjadi wirausaha itu bukan selalu karena keturunan orang tua yang berwirausaha, tetapi agar mahasiswa dapat mengubah mindset sehingga bisa growth the mindset untuk mengembangkan diri memulai wirausaha. “Dalam menjalankan wirausaha juga dilaporkan sehingga mendapat dukungan dari pihak PT dan fasilitasi dalam rangka implementasi MBKM selama menjadi mahasiswa,” tambah Ellen.

“Semua orang memiliki masalah, mahasiswa harus bisa merubah mindset bahwa tidak semua orang lahir punya anugerah orang tua yang sangat sayang dan memiliki perekonomian lebih, namun setiap orang memiliki hal apa yang ingin dikerjakan dan dapat mengembangkan hal yang ingin dilakukan menjadi dasar untuk memulai wirausaha. Lakukan wirausaha berdasar dengan passion,” ujar Dr Nila yang juga merupakan Ketua UPT Kewirausahaan dan UMKM Udinus.

Terakhir Dr Andar memberikan motivasi, “Banyak orang sukses, orang lain bisa, mahasiswa peserta pasti bisa asalkan mau belajar dan praktek. Pilih teman yang sama-sama support dan dukungan dari perguruan tinggi. Belajar terus, tanpa praktek juga tidak akan bisa berhasil. Dengan berwirausaha mahasiswa bisa merealisasikan ide-ide kreatifnya, tanpa dibatasi oleh orang lain,”.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram