Previous
Next

Polteka Mangunwijaya Selenggarakan Kuliah Pakar

Untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa Diploma Tiga Analis Kesehatan Politeknik Katolik Mangunwijaya mengadakan kuliah pakar dengan tema “Aplikasi Bidang Toksikologi dan Forensik Bagi aahli Teknologi Laboratorium Medik”.

Kegiatan yang dilangsungkan pada hari Selasa (24/05) menghadirkan ahli forensik yang juga menjabat sebagai Kasubbid Narkobafor Bidlabfor Polda Jateng, Kompol Bowo Nurcahyo, S.Si., M.Biotech.

Ketua Program Studi Diploma Tiga Analis Kesehatan, apt. Fransiska Ayuningtyas,S.Farm., M.Sc., menyampaikan kuliah pakar ini bertujuan untuk menambah wawasan, memberikan gambaran pekerjaan, serta mengenalkan alat, bahan, jenis pemeriksaan di  laboratorium forensik kepada mahasiswa. 

“Politeknik Katolik Mangunwijaya khususnya Program Studi Diploma Tiga Analis Kesehatan, memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi para mahasiswa untuk melakukan kuliah pakar sesuai bidang kompetensi yang harus dikuasai baik secara daring maupun luring”

Kuliah pakar berlangsung via daring menggunakan media teleconference (zoom) dengan metode ceramah, tanya jawab, dan studi kasus dengan sistem forum group discussion (fgd).  Kompol Bowo Nurcahyo, S.Si., M.Biotech., berperan dalam memberikan materi terkait pengenalan laboratorium forensik, drug abused, analisis pemeriksaan berbagai jenis keracunan seperti pemeriksaan karbonmonoksida, dan sianida. Pelaksanaan berjalan kondusif disertai keaktifan mahasiswa dalam menyimak dan diskusi.

Sejak tahun 2019, Politeknik Katolik Mangunwijaya sudah menjalin kerjasama dengan Bidlabfor Polda Jateng guna memajukan kompetensi mahasiswa di bidang toksikologi klinik khususnya di ranah forensik. Dengan kerjasama ini, mahasiswa dapat mengembangkan ilmu dan pengalaman di luar bangku kelas.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram