Previous
Next

Peringatan Hardiknas Tahun 2022 dan Penyerahan Serdik

1R5A0227

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI menyelenggarakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2022 di lapangan upacara, pada Jumat (13/5). Kali ini, upacara dilaksanakan pada 13 Mei 2022 menyesuaikan hari libur dan cuti bersama Idulfitri 1443 Hijriyah.

Bertindak sebagai Pembina Upacara, Kepala LLDIKTI Wilayah VI, Bhimo Widyo Andoko dengan seluruh peserta upacara memakai pakaian adat. Tema dalam peringatan Hardiknas tahun 2022 adalah “Pimpin Pemulihan, Bergerak untuk Merdeka Belajar”.

Dalam pidato yang dibacakan oleh Kepala Lembaga, Mendikbudristek, Nadiem Makarim menyatakan bahwa momentum peringatan Hardiknas ini merupakan sebuah bukti ketangguhan bangsa, “Kita jauh lebih tangguh dari semua tantangan. Kita tidak hanya mampu melewati, tetapi berdiri di garis depan untuk memimpin pemulihan dan kebangkitan,” ujar Bhimo dalam membaca pidato.

“Di tengah hantaman ombak yang sangat besar, kita terus melautkan kapal besar bernama Merdeka Belajar, yang di tahun ketiga ini telah mengarungi pulau-pulau di seluruh Indonesia,” tambahnya.

Lebih lanjut dalam pidatonya, Mendikbudristek menyebut hingga tahun ketiga pandemi, Kemendikbudristek terus melakukan berbagai terobosan dalam Merdeka Belajar yang menghasilkan perubahan positif. Capaian tersebut tidak hanya dirasakan oleh para orang tua, guru, dan murid di Indonesia, tetapi sudah digaungkan sampai ke negara-negara lain melalui presidensi Indonesia di konferensi tingkat tinggi G20.

Tahun ini pula kita membuktikan bahwa kita tidak lagi hanya menjadi pengikut, tetapi pemimpin dari gerakan pemulihan dunia, sebut Nadiem Makarim dalam pidatonya.

Pada masa Pandemi Covid-19, Kemendikbudristek menghadirkan Kurikulum Merdeka untuk membantu guru dan murid dalam proses belajar mengajar. Upaya tersebut mampu rnengurangi dampak hilangnya pembelajaran. Kini, Kurikulum Merdeka akan diterapkan di lebih dari 140.000 satuan pendidikan di seluruh Indonesia.

Upacara peringatan Hardiknas tahun 2022 di LLDIKTI Wilayah VI diikuti oleh segenap sivitas LLDIKTI Wilayah VI dengan menggunakan pakaian adat sesuai norma kepantasan.

Penyerahan Serdik

Setelah upacara bendera dalam memperingati Hardiknas tahun 2022, LLDIKTI Wilayah VI menyerahkan sertifikat pendidik kepada 310 dosen dari 79 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di lingkungan LLDIKTI Wilayah VI.

Tahun 2021, jumlah nominasi untuk serdik  ada 426 dosen, kemudian dari empat (4) gelombang, jumlah yang diajukan 376 dosen, dan yang lolos sejumlah 364 dosen.

“Dari 364 yang lolos, hari ini kami menyerahkan sebanyak 310 sertifikat pendidik. Jadi masih ada 54 serdik yang belum dikirimkan ke LLDIKTI Wilayah VI,” ujar Kepala Lembaga dalam sambutannya.

Kepada peserta kegiatan, Bhimo juga menjelaskan tentang jenjang karir dosen, langkah-langkah apa yang harus dilakukan untuk akhirnya dosen dapat memperoleh tunjangan profesi.

Selanjutnya pembagian serdik dilaksanakan oleh fungsi Pendidik dan Tenaga Kependidikan LLDIKTI Wilayah VI dengan dibagi menjadi empat (4) kelompok.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram