Previous
Next

UKSW Jalin Kerja Sama dengan AMN Cilacap

Semangat kolaborasi yang diusung Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) kembali diwujudkan melalui ditandatanganinya Perjanjian Kerja Sama dengan Akademi Maritim Nusantara (AMN) Cilacap, Jumat (11/02/2022) secara daring menggunakan platform zoom meeting. Kerja sama dalam hal Penguatan Unit Penjaminan Mutu Internal ini ditandatangani oleh Pembantu Rektor IV UKSW Joseph Ernest Mambu, S.Pd., M.A., Ph.D., dan Direktur AMN Altril Rayendra, S.Tr.

“Suatu kehormatan UKSW bisa bekerjasama dengan AMN. UKSW hadir bukan untuk menjadi menara gading saja, tetapi spirit UKSW adalah semangat berkolaborasi dengan mitra yang juga mempunyai komitmen untuk memajukan negeri ini melalui pendidikan. Saya percaya kerja sama ini akan membuahkan hasil yang luar biasa,” kata Joseph Ernest Mambu dalam sambutannya.

Ditambahkan Pembantu Rektor UKSW Bidang Kerja Sama Kelembagaan dan Internasionalisasi ini, penjaminan mutu adalah cermin sebuah lembaga. Dirinya berharap, kerja sama ini ke depan akan meluas dalam hal penelitian dan juga publikasi bersama.

“Jika kita bisa melakukan fungsi penjaminan mutu internal dengan baik, kita juga bisa bekerja sama dalam hal lainnya seperti penelitian dan publikasi yang akan berdampak baik pula pada kinerja mutu internal lembaga,” imbuhnya.

Sementara itu, Altril Rayendra mengatakan, pandemi memaksa lembaga untuk berubah lebih cepat dan menjadi lebih baik. Salah satu pedoman dalam rangka melakukan perubahan tersebut dikatakannya adalah Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI).

“SPMI adalah jantung, khususnya seperti kami sebagai lembaga pendidikan vokasi. Tidak mudah bagi AMN sebagai lembaga yang ada dibawah dua kementerian yaitu Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dan juga Kementerian Perhubungan. Untuk itu, terimakasih kepada UKSW yang sudah berkenan membimbing dan menjadi mentor,” katanya.

Ditegaskan Altril, kerja sama ini merupakan wujud nyata komitmen AMN untuk tidak hanya menjadi penonton saja tetapi ikut ambil bagian sebagai pemain dalam dunia pendidikan dan terus mengasah diri untuk menjadi penyelenggara pendidikan vokasi yang terbaik.

Kerja sama yang akan berlangsung selama empat tahun ke depan ini akan dilakukan dalam bentuk pendampingan penyusunan dokumen Unit Penjaminan Mutu Internal (UPMI), pelatihan Audit Mutu Internal dan Auditor Internal serta pelaksanaan monitoring dan evaluasi. Pendampingan dan pelatihan akan dilakukan oleh Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UKSW.

Turut hadir dalam acara penandatanganan kerja sama ini dari UKSW adalah Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Internasional (BKHI) Neny Isharyanti, Ph.D, Kepala LPM Prof. Dr. Intiyas Utami, S.E., M.Si, serta sejumlah auditor mutu UKSW. Dari AMN turut hadir antara lain Anggota Dewan Pengawas Yayasan Pembina Pendidikan Kemaritiman Christina Widiantarti, S.H., Wakil Direktur Dhion Meitreya Vidhiasi, M.Hum, Kepala Unit Kerjasama Oktavianus Teguh Prayitno, S.T., M.Kom serta Koordinator Pengembangan Sistem Mutu dan Pengendali Dokumen Luthfiana Tarida, S.Pd.Si., M.Pd.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram