Previous
Next

STIE SEMARANG DAN PT. SPHC RESMIKAN KOPERASI MEMAYU JOGO TONGGO SEBAGAI IMPLEMENTASI PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Penandatanganan prasasti oleh Ketua STIE Semarang Dr. ST Sunarto, M.S. dan Komisaris PT. SPHC (Sarana Patra Hulu Cepu) Drs Heru Setiadhie MSi menandai peresmian Koperasi Memayu Jogo Tonggo yang bertempat di Pasar Kopeng Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang dilaksanakan kemarin pada hari Sabtu, tanggal 30 Oktober 2021, bersamaan dengan peresmian pasar bunga dari para anggota Koperasi.

Ketua LPPM STIE Semarang Zulkifili, S.Pt., M.M mengatakan Koperasi ini merupakan bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat STIE Semarang dengan bantuan hibah CSR dari salah satu BUMD yaitu PT. SPHC. Bantuan yang diberikan berupa pendirian koperasi, pembangunan fisik kantor koperasi, pembangunan sarana prasarana pasar bunga, modal usaha yang akan dikelola koperasi, Diklat dan Pendampingan. Penandatanganan legalitas sebelumnya telah dilaksanakan pada tanggal 26 Februari 20121.

Pelatihan Kelembagaan dan Manajemen Koperasi telah diselenggarakan kepada para pengurus maupun anggota untuk memberikan dasar pemahaman tentang perkoperasian dan operasional ke depannya. Pelatihan Manajemen Usaha dan Digital Marketing telah dilaksanakan untuk meningkatkan penjualan dan pemasaran online anggota yang notabene-nya para pedagang bunga.

Ketua STIE Semarang Dr. ST Sunarto, M.S. dalam sambutannya menjelaskan bahwa STIE Semarang konsisten dalam pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi yaitu Pengajaran dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan serta Pengabdian Kepada Masayarakat (PKM). STIE Semarang merupakan perguruan tinggi berbasis koperasi yang konsen dalam pengembangan & pembinaan koperasi maupun UMKM. Salah satu implementasi dari Pengabdian ini yaitu dengan pendirian dan pendampingan Koperasi di Pasar Bunga di Kopeng.

Drs Heru Setiadhie MSi mengatakan “Hadirnya Koperasi MJT ini diharapkan dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh para pedagang bunga khususnya serta masyarakat Kopeng pada umumnya untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan di daerah Kopeng dan sekitarnya.”

Peresmian ini juga dihadiri oleh anggota DPRD Jateng, Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Tengah, Disperindagkop Kabupaten Semarang, Camat Getasan, Kepala Desa Kopeng serta pengurus, pengawas dan anggota Koperasi.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram