Previous
Next

3 Fungsi Penting Judul Slide Untuk Presentasi Bisnis Dengan Pendekatan Storytelling

Penulis : Dr. Ir. Erry Ricardo Nurzal, M.T., M.P.A.
Blog : https://erry-ricardo.com/2021/09/13/3-fungsi-penting-judul-slide-untuk-presentasi-bisnis-dengan-pendekatan-storytelling/#.YT6l2p0zaUl

Bayangkan Anda telah bekerja selama berminggu-minggu untuk menyiapkan bahan paparan presentasi dan akhirnya Anda siap untuk mempresentasikannya kepada eksekutif perusahaan Anda.

Dia duduk di meja ruang rapat menatap ide-ide Anda yang diproyeksikan di layar melalui proyektor. Apa yang dia lihat ?

Baris demi baris dari bullet points. Diagram pie dengan begitu banyak irisan warna-warni, sehingga dia tidak dapat menguraikan artinya. Dan sebuah tabel yang ditumpuk dengan baris-baris data.

Informasi pertama yang dia ambil bukanlah grafik yang rumit atau lautan teks. Sebaliknya, dia kemungkinan akan melihat judul slide presentasi Anda untuk memahami apa yang perlu dia ketahui secepat mungkin.

Judul slide dengan kata-kata ringkas yang sangat penting itu sering kali tidak jelas. Judul slide seperti “Agenda”, “Pendapatan”, atau “Pembaruan” tidak menjelaskan arti slide.

Ketika judul slide tidak banyak bicara, maka audiens Anda harus bekerja untuk memecahkan maksud dari pesan yang Anda sampaikan. Sungguh hal itu akan membuang-buang waktu dari pimpinan perusahaan Anda.

Tidak harus seperti itu. Sudah saatnya Anda membuat judul slide presentasi yang tidak jelas menjadi slide presentasi yang jelas dan mempunyai insight.

Anda sebagai presenter jangan mengabaikan judul slide presentasi. Pada contoh di bawah ini, perhatikan judul slidenya, yaitu : “Statistik Blog”. Judul slidenya tidak banyak memberikan informasi.

Kemudian, perhatikan judul slidenya yang diubah menjadi seperti di bawah ini. Judul slidenya — “Pelanggan mengunjungi blog kami tetapi tidak banyak membeli” — menjadi lebih informatif dan aktif. Dengan judul slide seperti ini, maka percakapan mulai berjalan.

Janine Kurnoff dan Lee Lazarus (2021) menjelaskan bahwa judul slide yang baik mempunyai 3 kriteria.

Pertama, ringkas. Hilangkan kata-kata yang tidak perlu. Edit, edit, dan editlah judul slide presentasi Anda.

Kedua, spesifik. Masukan point data kunci, elemen waktu, atau satuan ukuran yang berarti bagi audiens Anda.

Ketiga, percakapan. Ucapkan judul slide presentasi Anda dengan lantang. Judul slide harus terdengar alami dan hindari jargon. Jika Anda mengalami kebuntuan, maka bayangkan slide Anda bisa berbicara sendiri. Oleh karena itu, apa yang akan judul slide Anda katakan ? 

Lebih lanjut Janine Kurnoff dan Lee Lazarus (2021) menyebutkan bahwa ada 3 fungsi penting dari judul slide untuk presentasi bisnis dengan pendekatan storytelling.

Mari kita ulas satu per satu ketiga fungsi tersebut.

Fungsi # 1 : Judul Slide Menguraikan Seluruh Cerita Anda

Salah satu kecakapan yang paling mengesankan dari komunikator yang hebat adalah dia merajut ide, fakta dan data secara bersama-sama dan membuatnya mengalir. Dia membawa audiensnya pada suatu perjalanan.

Coba Anda tebak apa yang dapat membuat hal itu terjadi ?

Jawabannya adalah judul slide presentasi yang aktif, bukan pasif.

Judul slide presentasi seperti peta perjalanan dari perjalanan cerita Anda.

Segera setelah Anda mengidentifikasi elemen cerita kunci, maka membangun judul slide adalah langkah berikutnya. Apa yang membuat luar biasa adalah ketika Anda merangkainya menjadi satu, maka Anda memiliki uraian (outline) narasi yang lengkap.

Bagaimana Anda mengetahui bahwa Anda telah mengerjakannya dengan benar ? Tinjaulah setiap judul slide presentasi Anda masing-masing, tanpa konten atau visual pendukungnya.

Apakah judul slide presentasi Anda menggerakan cerita Anda untuk maju ? Apakah judul slide presentasi Anda membuat sebuah cerita dengan sebuah momentum ? Jika ya, maka Anda telah menyelesaikan uraian cerita Anda.  

Anda telah memiliki peta jalan Anda. Sekarang Anda dapat mulai mengisi sisa dari ide Anda.

Terlebih lagi, setelah Anda mengembangkan uraian Anda (outline), maka judul slide presentasi Anda menjadi panduan penting bagi semua orang yang terlibat dalam presentasi bisnis yang Anda sampaikan.

Fungsi # 2 : Ketika Audiens Anda Lepas Perhatian, maka Judul Slide Presentasi Mengarahkan Mereka

Tidak berlebihan untuk mengatakan bahwa banyak judul slide presentasi yang aktif akan membuat audiens Anda tetap dalam perjalanan naratif bersama Anda.

Bayangkan skenario seperti di bawah ini.

“Anda menyelinap masuk ke ruang rapat (atau rapat virtual) setelah Anda terlambat sepuluh menit. Lima menit pertama adalah perebutan untuk mencari tahu apa yang Anda lewatkan.

Astaga ! Anda berkata dalam hati, apa yang saya lewatkan ? Di mana saya dalam cerita ini ? Apakah presenter sudah membagikan rincian penting ?

Jika ceritanya tidak segera jelas bagi Anda, maka hal itu mungkin karena judul slide presentasi yang pasif seperti Update Quartal 1 atau Ukuran Pasar. Judul slide itu tidak mengatakan apa-apa.

Tetapi, judul slide yang kaya informasi seperti “Quartal 1 Menunjukkan Perputaran Besar dari Dua Kuartal Sebelumnya” akan memungkinkan Anda untuk langsung masuk ke dalam presentasi yang disampaikan oleh presenter”.

Fungsi # 3 : Judul Slide Presentasi Mengarahkan Anda

Cerita yang Anda sampaikan bisa tidak mengikuti alurnya. Cerita Anda bisa tidak mengikuti alurnya ketika Anda menghadapi eksekutif yang tidak sabaran yang menuntut Anda untuk melompat lebih cepat kepada big idea Anda, tanpa memerlukan why (setting, characters, and conflict).

Cerita Anda bisa tidak mengikuti alurnya ketika kereta makan siang tiba di ruang rapat Anda. Judul slide presentasi Anda akan membuat Anda tetap di jalurnya dan membuat Anda kelihatan gesit di hadapan audiens yang tidak dapat diprediksi.

Seperti panduan, setiap judul slide presentasi akan memberikan sinyal dimana Anda berada dalam sebuah cerita. Judul slide presentasi akan menjadi peta jalan bagi Anda yang dapat membuat Anda menjadi jauh lebih percaya diri.

Intinya, judul slide presentasi adalah petunjuk yang sederhana dan cerdas yang dapat membantu Anda untuk menceritakan kisah Anda, membuat Anda tetap memegang kendali, memperlihatkan Anda tampil rapi, dan selalu menemukan jalan Anda untuk kembali ke jalurnya.

Demikianlah, 3 fungsi penting judul slide untuk presentasi bisnis dengan pendekatan storytelling.

Pertama, Judul Slide Menguraikan Seluruh Cerita Anda

Kedua, Ketika Audiens Anda Lepas Perhatian, maka Judul Slide Presentasi Mengarahkan Mereka

Ketiga, Judul Slide Presentasi Mengarahkan Anda

Presenter terbaik akan membawa audiens mereka dalam sebuah perjalanan dengan slide presentasi  yang mengalir dari satu ide ke ide berikutnya. Judul slide presentasi adalah strategi sederhana yang secara kolektif dapat membangun momentum ke dalam narasi.

Judul slide presentasi yang disiapkan dengan baik akan membuat percakapan tampak lebih mudah dan memberi Anda sebagai penyaji menjadi lebih percaya diri. Apakah Anda akan memberikan presentasi untuk update bisnis internal, memberikan briefing kepada eksekutif perusahaan, atau menjelaskan usulan program baru, maka Anda dapat memperoleh manfaat dari judul slide presentasi yang kuat.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram