Previous
Next

IT Telkom Purwokerto Buka Dua Prodi Baru

ITT4

Institut Teknologi Telkom (IT Telkom) Purwokerto resmi membuka 2 (dua) Program Studi (Prodi) baru yakni Prodi Bisnis Digital, dan Prodi Desain Produk. Hal ini ditandai dengan penyerahan izin pembukaan kedua Prodi tersebut oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI, Prof Dr Ir Muhammad Zainuri DEA pada Selasa, (13/7) secara daring.

Prof Zain secara resmi menyerahkan Salinan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 241/E/0/2021 tentang Izin Pembukaan Program Studi Bisnis Digital Program Sarjana dan Program Studi Desain Produk Program Sarjana pada Institut Teknologi Telkom Purwokerto di Kabupaten Banyumas yang Diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Telkom, dan diterima oleh Rektor IT Telkom, Dr Ali Rokhman, didampingi para Wakil Rektor, dan Dekan.

Dalam pengarahannya, Prof Zain menekankan agar pengelola IT Telkom benar-benar memperhatikan Diktum Ketiga dalam Salinan keputusan tersebut yang berisi tentang kewajiban untuk memenuhi Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti), serta melaporkan hasil penyelenggaraan kedua Prodi tersebut paling lambat satu bulan setelah akhir tiap semester kepada Menteri.

“Di dalamnya memberikan otonomi kewenangan pengelolaan Perguruan Tinggi, saya tidak lelah untuk mengingatkan hal ini. Apabila semua siap, pada bulan Februari 2022 ijinkan LLDIKTI Wilayah VI mengingatkan Diktu Ketiga ini,” tambah Prof Zain.

Selanjutnya Prof Zain juga memberikan arahan terkait mutu pengelolaan Perguruan Tinggi. “Ada dua sisi bahwa dalam konteks Badan Penyelenggara saya mengikuti Yayasan Telkom yang ada di Bandung, jadi dalam kondisi apapun kami akan berhubungan dengan Badan Penyelenggara terutama terkait penyelenggaraan Pendidikan Tinggi. Sedangkan Rektor mempunyai tanggung jawab pada tata Kelola Perguruan Tinggi, kompetensi, dan statute. Mohon hubungan harmonis tetap dijaga,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut Prof Zain juga menerangkan bahwa LLDIKTI Wilayah VI mencanangkan Zona Integritas. “LLDIKTI Wilayah VI masuk ke dalam Lembaga yang diusulkan dalam ZI, kalau ada staf LLDIKTI atau saya yang meminta sesuatu langsung laporkan,” tegas Prof Zain. Hal ini menandai bahwa LLDIKTI Wilayah VI menjadi Lembaga yang beritegritas dan siap melayani para pemangku kepentingan sesuai dengan Amanah peraturan perundangan.

Rektor IT Telkom Purwokerto, Dr Ali Rokhman menyatakan ucapan syukurnya atas penyerahan izin pembukaan Prodi yang baru seraya berharap dapat menjadi keberkahan bauta semua. “ Marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT, kita dapat berkumpul secara daring, mudah-mudahan yang kita lakukan menjadi barokah buat kita semua,” ujarnya.

“Dengan ini kami terima SK prodi baru, Prodi Bisnis Digital, dan Prodi Desain Produk, kami berjanji akan menjalankan amanah yang diberikan sesuai SK tersebut terutama terkait SNDikti dan SPMI. Sekali lagi kami berterimakasih atas bantuan, dan semua yang kami terima, kami telah difasilitasi sebaik-baiknya terkait pembukaan prodi ini, sama sekali tidak ada proses untuk memperlambat dan sama sekali tidak ditarik biaya,” tambah Rektor Ali Rokhman

“Kami menerima terbuka apabila LLDIKTI Wilayah VI berkunjung ke IT Telkom, karena banyak dosen muda yang perlu diberikan semangat dan bimbingan. Untuk pengembangan SDM, kami mendorong dosen-dosen untuk studi lanjut dan kami berikan beasiswa, ini komitmen kami untuk menjaga mutu dan menjaga amanah dari masyarakat yang menyekolahkan anaknya di kampus kami,” ujarnya menjelaskan.

Pada akhir pertemuan, Rektor Ali Rokhman juga berpamitan kepada Prof Zain karena masa jabatan Rektor akan segera berakhir, dan sudah terpilih Rektor baru yang akan menggantikan, berasal dari Telkom University Bandung. Ali Rokhman sendiri akan kembali ke homebasenya yaitu di Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram