Previous
Next

Poltekun Adakan Vaksinasi Untuk Masyarakat

Politeknik Rukun Abdi Luhur (POLTEKUN) merupakan Perguruan Tinggi Vokasi baru yang diresmikan pada Kamis, 25 Februari 2021 dibawah naungan Yayasan Tunas Muria Mijen, kini menjalin kerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus dan RSU Kumala Siwi Mijen untuk mengadakan kegiatan vaksinasi. Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung pemerintah dalam percepatan program pemberian vaksin.

Program vaksinasi yang dilakukan oleh POLTEKUN merupakan salah satu bentuk pengabdian dan kepedulian Kampus kepada masyarakat guna mencapai herd immunity dalam upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19 dan pandemi di Indonesia.

Vaksinasi di Politeknik Rukun Abdi Luhur sudah dilaksanakan sebelumnya pada tanggal 19 Juni 2021 dan 26 Juni 2021 lalu, bersama dengan pegawai politeknik, dan didukung oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus, POLTEKUN menghadirkan Sentra Vaksinasi di Kecamatan Kaliwungu, Kudus dengan target vaksinasi 1000 vaksin. Saat ini dibantu oleh tenaga medis dari RSU Kumala Siwi telah berhasil memberikan 252 vaksin kepada lansia dan pelayan publik sekitar.

Ketua Yayasan Tunas Muria Irwan Syah, S.M. menyebutkan sasaran kegiatan ini dikhususkan untuk masyarakat umum usia 18 tahun ke atas yang berdomisili Kudus maupun masyarakat luar yang bekerja di Kudus.

“Rencana akan diadakan setiap hari Sabtu di Kampus Politeknik Rukun Abdi Luhur yang berkedudukan di Desa Mijen, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus. Target pemberian vaksin perharinya diberikan kepada sebanyak 100 orang, dimulai pukul 08.00 – 12.00 WIB. Kegiatan vaksinasi akan terus dilaksanakan sampai mencapai target 1000 vaksin” tambahnya.

Vaksinasi ini penting dilakukan untuk mewujudkan herd immunity khususnya bagi kelompok prioritas yaitu lansia dan pekerja publik. Pemberian vaksin diharapkan dapat meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat, selain terus menerapkan protokol kesehatan 5M dengan ketat. Vaksinasi ini juga penting untuk mendukung pemulihan kondisi perekonomian dan sosial negara akibat pandemi.

Masyarakat umum yang ingin divaksin bisa datang untuk menerima vaksin dengan melakukan pendaftaran lebih dulu melalui website daftarvaksin.rsukumalasiwi.com dengan membawa persyaratan berupa fotokopi KTP untuk masyarakat Kudus, dilengkapi dengan surat domisili atau surat keterangan kerja apabila KTP luar Kudus.

Kegiatan vaksinasi ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, dan dengan fasilitas dari Kampus POLTEKUN memungkinkan hal tersebut dapat terwujud. Oleh karena itu diharapkan hal tersebut dapat mendorong antusiasme masyarakat untuk bersedia divaksin dan berkontribusi dalam mewujudkan program Indonesia Sehat.

Direktur Politeknik Rukun Abdi Luhur Dr. Ir. Bambang Dwiloka, M.S. mengatakan program vaksinasi ini dapat terlaksana dengan baik berkat kolaborasi baik antar pegawai politeknik dan tenaga medis dari RSU Kumala Siwi. “Kami sangat berterima kasih atas dukungan semua pihak hingga terlaksananya kegiatan ini” imbuhnya.

Politeknik Rukun Abdi Luhur akan terus berupaya mendukung program percepatan vaksinasi agar terciptanya kesehatan untuk seluruh masyarakat Indonesia, sekaligus merupakan langkah awal persiapan kampus untuk kembali menggelar perkuliahan tata muka (PTM) sesuai arahan pemerintah.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram