Previous
Next

Prodi D-3 RMIK Udinus Wajibkan Mahasiswanya Lakukan Praktek Lapangan dari Semester 2

Program Studi D-3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (RMIK) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang wajibkan mahasiswanya untuk lakukan praktek lapangan. Kegiatan tersebut sebagai sarana untuk para mahasiswa agar mampu menerapkan ilmu tentang rekam medis dan informasi kesehatan di lahan praktek masing-masing.

Para mahasiswa dari program studi tersebut wajib untuk mengikuti program praktek lapangan sejak semester 2. Hal tersebut secara rutin dilakukan setiap semester sampai dengan semester 6 nantinya. Mereka melakukan praktek lapangan Siklus 4 di beberapa rumah sakit di Kota Semarang, yakni di  RSUP dr. Kariadi Semarang, RS Panti Wilasa dr CIPTO dan RS Panti Wilasa Citarum.

Koordinator Kegiatan Praktek Lapangan di Prodi D-3 RMIK Udinus, Dyah Ernawati SKep Ns MKes mengatakan bahwa target dari program PL siklus 4 yakni mengenai kodefikasi penyakit infeksi, kodefikasi terkait cedera dan sebab luar, kodefikasi mortalitas, sistem pembiayaan kesehatan dan akreditasi rumah sakit, serta manajemen risiko. Ia berharap agar mahasiswa mampu menerapkan ilmu yang didapatkan di perkuliahan ke lokasi praktek. Selain itu juga mereka akan mendapatkan ilmu langsung dari lokasi praktek lapangan di beberapa rumah sakit di Kota Semarang.

“Kami juga ingin menumbuhkan dan meningkatkan sikap profesional dari para mahasiswa kami, agar nantinya saat memasuki dunia kerja yang sesungguhnya mereka telah siap,” tegas Dyah Ernawati.

Dalam kegiatan praktek lapangan yang telah memasuki siklus ke 4, terdapat juga kuliah umum yang dihadiri oleh para mahasiswa D-3 RMIK Udinus.  Kuliah Umum yang bertujuan agar para mahasiswa mampu mengetahui peran Perekam Medis dan Informasi Kesehatan (PMIK) dalam akreditasi Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS),  dilaksanakan secara daring melalui zoom. Terlihat juga para mahasiswa semangat dalam mengikuti kuliah umum tersebut, hal itu dibuktikan dengan berbagai pertanyaan yang dilontarkan oleh para mahasiswa.

Kuliah umum yang dihadiri ratusan mahasiswa menghadirkan Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Perhimpunan Profesional Perekam Medis dan Informasi Kesehatan Indonesia (Pormiki) Jawa Tengah, Roni Rahman AMdPK. Selain menjabat posisi tersebut, Roni Rahman juga merupakan Kepala Instalasi Rekam Medis RSUD Tugurejo, Jawa Tengah.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram