Previous
Next

Direktorat Belmawa Helat Bimtek di Unissula

Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Ditjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud mengadakan bimbingan teknis (bimtek) program bantuan kerja sama kurikulum dan implementasi merdeka belajar kampus merdeka Tahun 2021 yang dilaksanakan di Unissula (22/4). Acara yang diadakan secara daring dan luring tersebut diikuti oleh para dosen dari berbagai universitas di Jawa Tengah.

Narasumber Prof Dr Edy Cahyono MSi dalam paparannya menyampaikan tujuan program bantuan kerja sama kurikulum dan implementasi merdeka belajar-kampus merdeka yaitu antara lain. Pertama meningkatkan jumlah program studi yang mengimplementasikan program MBKM. Kedua, memfasilitasi program studi untuk mengembangkan kurikulum sesuai dengan kebijakan MBKM.

Ketiga, mendorong program studi untuk melaksanakan kerja sama dengan mitra dalam rangka implementasi kurikulum program MBKM. Keempat, mendapatkan model-model kerja sama antara program studi dengan mitra dalam implementasi kebijakan MBKM untuk dapat menjadi rujukan.

Kelima, menghasilkan pengalaman baik (good practices) di perguruan tinggi dalam menyusun dan mengimplementasikan kurikulum program MBKM yang memiliki capaian pembelajaran lulusan sesuai dengan KKNI dan SN-Dikti. Keenam, memfasilitasi program studi dan perguruan tinggi untuk mempercepat tercapainya IKU melalui implementasi program MBKM, sekurang-kurangnya IKU 2,6, dan 7.

Sementara itu Koordinator Pembelajaran Belmawa Kemendikbud Dewi Wulandari SS menyampaikan bahwa Program tersebut memiliki berbagai manfaat antara lain. Bagi dosen, memiliki kesempatan untuk meningkatkan wawasan pengetahuan yang menunjang kemutakhiran dan kualitas konten pembelajaran serta melakukan tri dharma perguruan tinggi dengan lebih baik.

Bagi Mahasiswa, mahasiswa dapat memaksimalkan potensi dirinya untuk memenuhi capaian pembelajaran lulusan (CPL) dan mendapatkan kompetensi tambahan: Softskill & Hardskill. Bagi prodi, memiliki kesempatan meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikannya melalui kurikulum yang dikembangkan serta meningkatnya daya serap lulusan oleh dunia kerja.

Bagi perguruan tinggi, memiliki kesempatan untuk meningkatkan kualitas tri dharma dan kualitas kerjasama dengan mitra yang gayut dan berkesesuaian (link and match), percepatan pencapaian IKU, serta meningkatkan citra perguruan tinggi.

Bagi mitra, memiliki kesempatan untuk memperoleh lulusan yang berkualitas sesuai dengan bidang yang diperlukan. Bagi mitra institusi pendidikan, melalui program pertukaran mahasiswa atau perolehan kredit secara daring, dapat meningkatkan kesetaraan kualitas dan kompetensi mahasiswanya yang diperoleh dari berbagai perguruantinggi penyelenggara yang bermitra. Rektor Unissula Drs Bedjo Santoso MT PhD dalam sambutannya menyampaikan bahwa fihaknya sangat dan telah melaksanakan program merdeka belajar kampus merdeka di kampusnya. “Unissula siap mensukseskan program tersebut selain enam prodi yang sudah melaksanakan program it uke depan setiap prodi harus melaksanakan merdeka belajar,” ungkapnya.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram