Previous
Next

Mahasiswa Farmasi PHB Terangkan Khasiat Daun Turi

Prodi D-3 Farmasi Politeknik Harapan Bersama telah menerapkan program pengabdian kepada masyarakat (PkM) yang ditujukan untuk memberikan kebermanfaatan kepada masyarakat, di Desa Kalikangkung, Kabupaten Tegal, Kamis (1/4).

Kegiatan ini mengangkat tema pemanfaatan daun turi dan daun kersen menjadi produk teh herbal.

Masyarakat begitu antusias karena tidak menyadari bahwa daun turi memiliki banyak manfaat. “Bunga turi (tronggong) sebagai urab ternyata punya khasiat pelancar pencernaan,” ujar Hj Lulu, salah satu peserta PkM dari penggerak PKK Kalikangkung.

Latifah, narasumber PkM mahasiswi D-3 Farmasi PHB, menerangkan bahwa daun kersen yang kita tahu hanya sebagai peneduh ternyata punya manfaat sebagai sumber flavonoid sebagai antioksidan.

“Kami juga mengangkat tema sabun dari ekstrak binahong. Binahong yang mereka kenal sebagai tanaman liar ternyata dapat diolah sebagai sabun. Karena daun binahong mampu melawan bakteri sehingga dapat diolah menjadi sediaan sabun,” terang Latifah.

Hal senada juga dikatakan oleh dosen D-3 Farmasi PHB Aldi Budi Riyanta, pembimbing kegiatan PkM ini. “Binahong juga telah diteliti untuk menyembuhkan luka pada hewan uji,” kata Aldi.

“Kegiatan PkM mengajak mahasiswa untuk berbagi keilmuan kepada masyarakat dari yang mereka peroleh di perkuliahan,” tambah Aldi.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram