Previous slide
Next slide

Tim PkM FTIK USM Beri Pelatihan Warga Kampung Sirih

Tim Pengabdian Masyarakat (PkM) Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Semarang (FTIK USM) memberikan pelatihan kepada Komunitas Anak-Anak Muda kampung Sirih Kelurahan Wonodri, Semarang pada Senin, (12/4) di Lab M1.2.1 kampus USM.

Tim PkM FTIK USM yang terdiri dari Dinar Anggit SSi MPd, Febrian Wahyu SKom MCs, dan Galet Guntoro MKom memberikan pelatihan editing video dan mengunggah ke kanal Youtube sebagai sarana promosi produk Kampung Sirih sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat.

UMKM di kampung Sirih memproduksi dan memasarkan beberapa produk seperti sabun, hand sanitizer, dan kue hasil olahan daun sirih. Dalam usaha untuk mempromosikan barang-barang tersebut para pelaku UMKM terkendala keterbatasan dalam membuat media promosi yang kreatif, menarik, dan tepat sasaran bagi konsumen. Mereka belum memiliki kemampuan yang cukup untuk memanfaatkan beragam media digital salah satunya kanal YouTube.

Untuk mengatasi permasalahan penggiat tentang, tim PkM FTIK USM mengadakan pelatihan pembuatan video, editing video promosi produk, serta pemanfaatan aplikasi editing video seperti Kinemaster melalui HP untuk di upload ke YouTube. Pelatihan yang digelar di Laboratorium Komputer FTIK ini diikuti 15 peserta.

Ketua Tim PkM FTIK USM, Dinar Anggit  mengatakan, hal terpenting yang perlu ditingkatkan dalam pembuatan video adalah bagaimana melakukan editing video promosi yang akan meninggalkan brand image atau persepsi bagi para konsumen yang melihat video tersebut. Pemasaran produk dapat ditinjau dari kualitas dan varian produk yang ditawarkan.

Hasil dari pelatihan menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan. “Harapan peserta, mereka bisa mendapatkan pelatihan-pelatihan yang lain yang bermanfaat bagi kemajuan UMKM mereka,” tambahnya.

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram