Previous
Next

5 Aspek Teknis Yang Perlu Anda Ketahui Dalam Melakukan Presentasi Virtual

Masa pandemi virus corona menuntut banyak pekerjaan yang dilakukan secara online. Pekerjaan itu tak terkecuali presentasi.

Itulah mengapa berbagai aplikasi video conference sangat masif digunakan dalam masa-masa ini. Meskipun tampak lebih mudah, presentasi online tentunya berbeda dengan presentasi tatap muka.

Ada tantangan tersendiri ketika Anda harus menyampaikan materi presentasi secara virtual. Terlebih lagi, jika presentasi disampaikan di depan audiens Anda.

Presentasi online memiliki beberapa kesulitan dibandingkan dengan presentasi tatap muka secara langsung, karena presenter lebih sukar untuk menjaga audiens tetap tertarik mendengarkan materi yang Anda sampaikan.

Nah, agar presentasi online Anda bisa berjalan dengan baik, ada 5 aspek teknis yang perlu Anda ketahui.

Mari kita bahas satu per satu kelima aspek teknis tersebut.

Aspek Teknis # 1 : Kuasai Aplikasi Platform Presentasi

Saat ini banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan presentasi secara online. Ada Zoom Meeting, Google Meet, Microsoft Teams, Cisco Webex Meeting, Cyberlink U Meeting, RingCentral Meetings, dan lain-lain. 

Jika Anda sudah memilih aplikasi yang akan Anda gunakan, maka Anda perlu menguasainya. Anda harus mempelajarinya agar bisa menggunakannya dengan baik.

Pahami berbagai fitur-fitur dari aplikasi platform presentasi yang Anda gunakan.

Selama presentasi online, fitur video yang Anda dan audiens Anda gunakan harus dinyalakan agar Anda bisa melihat audiens Anda dan juga sebaliknya. Dengan begitu, audiens Anda akan lebih termotivasi untuk mengikuti jalannya presentasi Anda.

Dan, untuk menghindari kebisingan selama presentasi, pastikan suara audiens berada pada posisi mute jika Anda memberikan presentasi. Dengan begitu, tidak ada lagi suara-suara yang mengganggu Anda ketika menyampaikan materi.

Tujuan memahami fitur-fitur aplikasi video conference yang Anda gunakan adalah agar presentasi Anda bisa berjalan dengan lancar. Sedapat mungkin hindari kendala dari diri Anda agar audiens tetap nyaman menyimak presentasi virtual Anda.

Aspek Teknis # 2 : Kuasai Peralatanmu

Saat presentasi, tentu Anda akan menggunakan alat bantu seperti komputer, audio dan kamera. Gunakanlah komputer, audio dan kamera yang berkualitas ketika presentasi virtual.

Untuk menghasilkan audio yang maksimal, gunakan mikrofon yang tepat, misalnya headset.  Anda juga perlu menggunakan kamera yang memadai. Sebagian besar orang memilih menggunakan kamera dari laptop. Namun, jika kamera tersebut berkualitas kurang baik, maka Anda bisa berinvestasi untuk membeli webcam eksternal yang lebih berkualitas.

Walaupun Anda mungkin dibantu oleh seorang asisten atau orang lain untuk mengoperasikan peralatan tersebut, tetapi Anda juga harus menguasainya.

Hal itu diperlukan agar Anda tidak panik atau gugup ketika tiba-tiba terjadi masalah terhadap peralatan-peralatan yang Anda gunakan. Saat ada kesalahan teknis, maka Anda bisa tetap tenang karena Anda tahu apa yang harus dilakukan. Perasaan tenang ini akan membuat Anda semakin percaya diri saat membawakan presentasi.

Aspek Teknis # 3 : Pastikan Kualitas Koneksi Jaringan Internet

Tentu Anda ingin presentasi virtual Anda dapat berjalan lancar. Karena itu, Anda memerlukan dukungan kualitas jaringan internet yang memadai. Untuk itu, sebelum presentasi Anda harus memastikan kualitas sambungan internet tersebut agar tidak mengalami gangguan ketika Anda presentasi.

Pastikan Anda memiliki koneksi internet yang memadai baik menggunakan WiFi maupun jaringan data seluler. Jika ragu, lakukan pengetesan aplikasi video conference bersama rekan sejawat sebelum benar-benar tampil di depan audiens Anda. Pastikan saja Anda melakukan hal ini 15 menit sebelum presentasi dimulai agar presentasi Anda dapat berjalan lancar.

Aspek Teknis # 4 : Gunakan Virtual Background Yang Menarik

Virtual background (latar belakang) pada aplikasi video conference bisa diganti sesuai keinginan Anda untuk meningkatkan suasana yang nyaman pada saat presentasi online. Salah satu fitur Zoom yang sangat digemari adalah virtual background. Saat melakukan presentasi online dengan menggunakan virtual background, maka hal-hal yang kurang sedap atau kurang enak dipandang yang ada di belakang Anda tidak terlihat oleh audiens Anda. Misalnya, suasana kamar atau ruangan yang berantakan yang ada di belakang Anda.

Untuk Anda yang menginginkan virtual background, bisa dengan mudah memanfaatkan virtual background yang ada pada aplikasi video conference seperti Zoom. Anda dapat mengubah virtual background dengan pemandangan yang diinginkan seperti jembatan Golden Gate, pantai atau luar angkasa. Anda juga dapat menggunakan green screen untuk virtual background Anda.

Anda juga dapat membuat sendiri virtual background dengan gambar yang indah dan menyenangkan. Untuk itu, Anda dapat menggunakan aplikasi power point. Aplikasi power point merupakan aplikasi yang ampuh untuk membuat desain-desain yang indah yang dapat membuat audiens Anda menyenangi virtual background Anda.

Aspek Teknis # 5 : Gunakan Tempat Yang Aman Dari Gangguan

Saat melakukan presentasi, Anda harus memastikan bahwa Anda berada di tempat yang aman dari gangguan. Anda mungkin pernah mendengar bahwa ada anak-anak atau binatang peliharaan yang ‘menginterupsi’ ketika Anda sedang melakukan presentasi online. Jangan sampai hal itu terjadi saat presentasi online yang Anda lakukan.

Selama presentasi Anda bisa mengunci ruangan yang Anda gunakan. Jika Anda melakukan presentasi online di rumah, maka Anda dapat mengatakan pada orang rumah bahwa Anda harus melakukan pertemuan penting dengan audiens Anda dan tidak bisa diganggu untuk sementara waktu.

Demikianlah, 5 aspek teknis yang perlu Anda ketahui dalam melakukan presentasi online.

Pertama, Kuasai Aplikasi Platform Presentasi
Kedua, Kuasai Peralatanmu
Ketiga, Pastikan Kualitas Koneksi Jaringan Internet
Keempat, Gunakan Virtual Background Yang Menarik
Kelima, Gunakan Tempat Yang Aman Dari Gangguan

Itulah 5 aspek teknis presentasi online yang perlu Anda pahami. Intinya, agar presentasi Anda dapat terlihat meyakinkan, maka Anda harus menyiapkan semuanya dengan baik.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram