Previous
Next

Prof Dr Ir Darsono MSi Resmi Dilantik menjadi Rektor UMK Periode 2021-2025

IMG_6074

Bertepatan dengan berakhirnya masa jabatan Rektor Universitas Muria Kudus (UMK) Periode 2016-2020, UMK melangsungkan acara pelantikan Rektor Periode 2021-2025 yakni Prof Dr Ir Darsono MSi di Auditorium Universitas Muria Kudus, Sabtu (9/1).

Acara pelantikan diselenggarakan secara luring dan disiarkan langsung melalui kanal YouTube UMK. Selain dihadiri oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI, Prof Dr Ir M Zainuri DEA, juga hadir Plt. Bupati Kudus HM Dr Hartopo SH MM, Jajaran Forkompimda Kabupaten Kudus, Jajaran Yayasan Pembina UMK, serta Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta yang ada di Kudus dan sekitarnya.

Ketua Senat UMK, Dr Suparnyo dalam sambutannya menyampaikan bahwa sebelum diadakannya pelantikan, terdapat 12 bakal calon Rektor UMK, dalam prosesnya, hanya 8 orang yanga memenuhi syarat administrasi. Panitia pemilihan rektor kemudian membentuk tim independen yang terdiri atas 2 orang dari Yayasan Pembina UMK, 2 orang senat, dan 1 lembaga seleksi independen dari Jakarta yang pada akhirnya menghasilkan 3 nama  calon definitif Rektor yang diusulkan ke pengurus Yayasan Pembina UMK. Berdasarkan proses wawancara akhirnya ditetapkan Prof Dr Ir Darsono MSi menjadi rektor periode 2021-2025.

Dr Suparnyo yang juga mantan Rektor UMK periode 2016-2020 mengungkapkan bahwa masih banyak yang harus diperbaiki, “Banyak hal yang harus diperbaiki untuk menuju perguruan tinggi dengan akreditasi unggul, mengakhiri sambutan saya sampaikan visi UMK yakni Universitas unggul berbasis kearifan lokal berdaya saing global,” pungkasnya.

Rektor terpilih, Prof Darsono menyatakan akan meneruskan program dari rektor sebelumnya untuk membawa UMK menjadi lebih unggul. “Saya berharap lulusan UMK bisa produktif dan siap menghadapi dinamika zaman, harus berani  membuka diri untuk meningkatkan skill dan meningkatkan kualitas diri,” ungkap Guru Besar Universitas Sebelas Maret Surakarta ini.

Kepala LLDIKTI Wilayah VI, Prof Zainuri mengucapkan selamat atas dilantiknya Rektor UMK periode 2021-2025. “Penghormatan dan apresiasi dari LLDIKTI Wilayah VI kepada Yayasan Pembina UMK yang telah menyelesaikan dengan penuh kearifan dan kebijaksanaan proses pergantian rektor. Yang kedua, mewakili pimpinan LLDIKTI Wilayah VI menyampaikan terimakasih atas kerjasama yang selama ini telah dirintis oleh Rektor lama, Dr Suparnyo dengan kami untuk mengiring UMK mencapai enam dari delapan indikator kinerja, menjadikan UMK Inshaa Allah menapaki universitas yang unggul,” terang Prof Zain.

Acara pelantikan Rektor UMK periode 2021-2025 berlangsung secara khidmat, dan semua peserta yang hadir tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku demi menjaga keselamatan ditengah Pandemi Covid-19 yang ada saat ini.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram