Previous
Next

Prof Dr Ir Muhammad Zainuri DEA Dilantik sebagai Kepala LLDIKTI Wilayah VI Periode 2020-2024

WhatsApp Image 2020-12-08 at 12.44.08

Jakarta – Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Prof Ainun Na’im MBA PhD secara resmi melantik Prof Dr Ir Muhammad Zainuri DEA sebagai Kepala LLDIKTI Wilayah VI Periode 2020 – 2024, pelantikan dilangsungkan di Plaza Insan Berprestasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, pada Selasa (08/12).

Prof Zainuri dilantik menggantikan Prof Dr DYP Sugiharto MPd Kons, yang telah berakhir masa baktinya sebagai Kepala LLDIKTI Wilayah VI, pada 23 November yang lalu. Turut dilantik bersama Prof Zainuri, Kepala LLDIKTI Wilayah X, Kepala LLDIKTI Wilayah XV, Pimpinan PTN, dan Kelompok Jabatab Fungsional Tertentu di linkungan Kemdikbud.

Sesjen Prof Ainun Na’im dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada para pejabat yang dilantik dan berharap dapat melaksanakan amanah sebaik-baiknya. Ainun juga mengungkapkan di penghujung tahun ini sudah ditetapkan berbagai kebijakan pelayanan bidang pendidikan di tengah tantangan menghadapi pandemi Covid-19

“Untuk tahun 2021, dari awal belum tentu masalah pandemi Covid-19 sudah selesai, masih perlu proses untuk mengatasi masalah pandemi Covid-19, oleh karena itu kita perlu melakukan antisipasi sejak sekarang, mohon Bapak, Ibu melihat kembali rencana kerja dan anggaran,” ujar Prof Ainun.

“dan kita tahu ada kebijakan dari Kementerian Keuangan berkaitan dengan rencana kerja dan anggaran tersebut, sehingga kita dapat melaksanakan rencana kerja dan anggaran 2021 dengan lebih baik, dengan tetap menjaga keberlangsungan layanan pendidikan dan kebudayaan, dan juga melaksanakan efisiensi, berorientasi pada hasil, sebagaimana yang diharapkan Bapak Presiden dan Bapak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan,” lanjutnya.

Selanjutnya Prof Ainun menyampaikan harapannya kepada para pejabat yang menggantikan pejabat lama agar berkoordinasi dan melakukan penyesuaian-penyesuaian. “Khususnya berkaitan dengan kebijakan baru yang terpusat pada konsep Merdeka Belajar : Kampus Merdeka, pengembangan sekolah penggerak dan guru penggerak, agar supaya implementasi dari kebijakan ini dapat kita laksanakan dengan baik,” imbuh Prof Ainun.

Serah Terima Jabatan

Selepas pengucapan sumpah Prof Zainuri sebagai Kepala LLDIKTI Wilayah VI, kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara pelantikan yang disaksikan langsung oleh Sesjen Prof Ainun.

Selanjutnya dilakukan serah terima jabatan Kepala yang sebelumnya dipegang oleh Sekretaris LLDIKTI Wilayah VI, Dr Lukman ST MHum sebagai Plt. Kepala, kepada Kepala LLDIKTI Wilayah VI yang baru, Prof Zainuri.

Ditemui sebelum acara, Prof Zainuri menyatakan akan banyak menjalin kerjasama dengan Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di Jawa Tengah, untuk lebih menggali potensi daerah tersebut.

Mantan Wakil Rektor I Universitas Diponegoro ini juga menyampaikan harapannya dapat berkarya bersama-sama keluarga besar LLDIKTI VI. “Mohon dapat diperkenankan Ajur Ajer menjadi Keluarga LLDIKti Wilayah VI, sehingga bisa bersama sama mili (mengalir), dan tidak ngeli (terhanyut) dalam berkarya, sebagai  Ibadah dihadapan Duli Arsy-Nya,” ungkap Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan yang akrab dipanggil Pak Zain ini.

Sekretaris LLDIKTI Wilayah VI, Dr Lukman ST MHum mengutarakan sebuah era baru muncul setelah dilantiknya Prof Zainuri sebagai Kepala LLDIKTI Wilayah VI menggantikan Prof DYP Sugiharto. Dr Lukman juga manyatakan kesiapannya bekerjasama dengan Prof Zainuri melaksanakan tugas utama LLDIKTI melaksanakan fasilitasi peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi di Jawa Tengah.

“Pak Zain sebagai sosok akademisi dengan segudang prestasi dan berpengalaman dalam memimpin salah satu Perguruan Tinggi besar di Indonesia diharapkan dapat membawa Perguruan Tinggi di Jawa Tengah menuju Word Class University di tahun 2024,” harap Dr Lukman.

“Optimalisasi membawa 250 PTS di Jawa Tengah terakreditasi seluruhnya, dan 14 ribuan Dosen untuk memiliki jenjang jabatan fungsional serta memperoleh sertifikasi dosen, menjadi pekerjaan rumah yang harus segera dituntaskan, disamping meningkatkan riset, publikasi, beserta dampaknya yang menjadi titik lemah Perguruan Tinggi di Jawa Tengah menuju World Class University serta mewujudkan Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar sebagai bagian kebijakan Pemerintah di era Mendikbud Mas Menteri Nadiem Makarim,” ujarnya.

Selamat datang Pak Zain, selamat berkarya bersama keluarga besar LLDIKTI Wilayah VI, menjadi “The Beginning after The End”.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram