Previous slide
Next slide

Machine Learning untuk Pemenuhan Dunia Industri

Penerapan machine learning di berbagai bidang kehidupan melahirkan tantangan tersendiri bagi dunia pendidikan. Perguruan tinggi berkejaran dengan waktu untuk mencetak sebanyak mungkin sarjana dengan kualifikasi di bidang machine learning demi memenuhi kebutuhan industri. Machine learning diyakini dapat membantu manusia untuk belajar dengan lebih baik dan mencapai tujuan pendidikan yang diinginkannya.

Hal inilah yang terungkap pada saat penyelenggaraan workshop “Machine learning & Deep Learning : The Fundamentals” yang diselenggarakan oleh Prodi Teknik Informatika Universitas Semarang (USM), pada 20-21 November yang lalu. Untuk memudahkan peserta yang terdiri dari dosen Prodi TI dalam memahami berbagai materi yang diperlukan, workshop dilaksanakan secara luring di gedung M kampus USM.

Narasumber dalam workshop ini adalah Hindriyanto Dwi Purnomo PhD, dosen dari Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga, yang telah memiliki lisensi Data Sciene, serta yang kedua Aria Hendrawan ST Mkom, dosen Prodi TI USM.

Menurut  ketua panitia, Febrian Wahyu Christanto SKom MCs, workshop ini bertujuan untuk membantu para tenaga pengajar dalam mencetak mahasiswa yang memiliki kompetensi dalam bidang machine learning. “Maka dari itu, pengadaan kegiatan pembelajaran untuk meng-upgrade skill sangat penting,” jelasnya.

Febrian menambahkan kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dan profesionalitas para dosen dalam bidang machine learning, serta dapat menyusun strategi dan langkah nyata yang harus ditempuh dunia pendidikan agar mampu menghasilkan lulusan yang mampu menjawab kebutuhan dunia industri.

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram