Previous
Next

Untuk Maju Butuh Komitmen dan Ketegasan

Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang menghadirkan Ir Hanafi Saleh MM dari Mitsubishi Motor, menjadi narasumber seminar strategic corporate planning and budgeting implementasi kaizen menuju Unissula unggul yang dilaksanakan hari ini, (10/11) di biro Rektor Unissula.

Menurut Hanafi, Kaizen adalah metode praktis yang berfokus pada tindakan perbaikan menuju ke arah yang lebih baik dari sebelumnya dalam menjalankan proses operasional di bidang manufaktur, engineering, development maupun bisnis. Metode tersebut juga dapat digunakan di berbagai bidang termasuk Perguruan Tinggi.

Kaizen dalam bahasa Jepang berarti perbaikan cepat secara terus menerus untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya. Kaizen adalah bagaimana membuat agar pekerjaan lebih mudah dengan selalu menyadari bahwa metode kerja yang paling baik adalah bekerja dengan cepat dan kondusif untuk menghasilkan kinerja dengan kualitas yang baik.

Hanafi menegaskan sebagus apapun konsep, butuh komitmen total dari semua anggota organisasi. “Komitmen menjadi hal yang sangat fundamental yang harus ada dalam setiap individu,” ungkapnya. Lebih jauh ia mengingatkan bahwa ketegasan pemimpin juga menjadi hal yang penting. “Kalau ada yang tidak komitmen harus ada ketegasan pimpinan,” tambah Hanafi.

Lebih jauh General Manager Mitsubishi Motor tersebut menyarakan agar setiap pekerja melakukan pekerjaannya dengan enjoy. “Setiap kita hendaknya bekerja dengan enjoy, yang pertama kita harus senang dulu dengan pekerjaan yang kita kerjakan. Jangan sampai kita kerja tidak enjoy dan tidak senang dengan pekerjaan tersebut hingga kita sulit berkontribusi maksimal pada organisasi”, pungkas Hanafi yang juga alumni Magister Manajemen Unissula tersebut.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram