Previous
Next

Prodi Teknologi Pangan UNKARTUR Ciptakan TEKO

Universitas Nasional Karangturi (UNKARTUR) kembali memperkenalkan inovasi produk terbaru dari Program Studi Teknologi Pangan yaitu TEKO (Tempe Kopi), yang diluncurkan secara daring dalam rangkaian lomba Research Camp bersama SMA Kebon Dalem Semarang (4-5/10). sebelumnya di tahun 2019 Prodi Teknologi Pangan juga telah meluncurkan produk inovasi kopi yaitu KOLE (Kopi Lele).

TEKO diolah dari bahan dasar tempe yang diekstrak menjadi susu, dipadukan dengan kopi, kemudian disatukan menjadi es kopi tempe dalgona yang kekinian. Inovasi ini tidak menghilangkan kasiat dari tempe tersebut, justru menambah nilai gizi dari campuran tempe dengan kopi. Olahan ini bisa menjadi alternatif bagi orang orang yang tidak suka tempe, tetapi suka minum kopi bisa menjadikan TEKO sebagai pilihannya.

Acara yang diprakarsai oleh tim prodi S1 Teknologi Pangan Universitas Nasional Karangturi berkolaborasi dengan SMA Kebon Dalem Semarang, dikemas secara menarik dengan menyertakan demo langsung pembuatan kopi Dalgona dengan bahan dasar TEKO.

Selain TEKO, para siswa juga diajarkan bagaimana cara melakukan riset pangan agar mampu mengetahui hasil nilai informasi dan gizi. UNKARTUR akan melakukan inovasi-inovasi baru yang menghasilkan manfaat bagi kemajuan ilmu dan masyarakat.

Melalui acara ini diharapkan para siswa mendapatkan dorongan untuk membuat inovasi baru yang terinspirasi oleh inovasi produk pangan yang telah dibuat oleh prodi Tekpang UNKARTUR.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram