Previous
Next

Fakultas Psikologi USM Selenggarakan Kuliah Umum

Fakultas Psikologi Universitas Semarang (USM) mengadakan Kuliah Umum pada Sabtu, (17/10) melalui aplikasi Zoom, dengan tema “Generasi Muda, Radikalisme, dan Terorisme di Indonesia”. Kegiatan ini dipandu oleh Shafa Aulia Ramadhan, salah seorang mahasiswa berprestasi dari USM, dengan narasumber Arijani Lasmawati SPsi MPsi Psi, dari departemen kriminologi Universitas Indonesia.

Kegiatan dibuka dengan laporan Kaprodi S1 Psikologi, Anna Dian Savitri SPsi MSi yang menjelaskan bahwa kuliah umum dilakukan secara rutin di tiap semester, dengan tujuan untuk memberikan bekal kepada para mahasiswa agar menjadi mahasiswa yang berkarakter positif dengan menghadirkan narasumber yang kompeten di bidangnya.

Dekan Fakultas Psikologi USM, Dr L Rini Sugiarti SPsi MSi Psi., dalam sambutannya menyatakan bahwa generasi muda sangat perlu untuk mengikuti kegiatan kuliah umum ini karena sangat bermanfaat dan memberikan pencerahan agar tidak terjerumus pada perilaku negatif.

Dengan dimoderatori oleh Pundani Eki Pratiwi SPsi MPsi Psi, Arijani menjelaskan bahwa radikalisme merupakan peningkatan keyakinan, perasaan dan peerilaku secara ekstrem guna membenarkan tindakan kekerasan terhadap kelompok lain dan untuk terorisme merupakan perbuatan yang menggunakan kekerasan atau ancaman kekerasan yang menimbulkan suasana teror atau rasa takut secara meluas.

Kuliah Umum kali ini diikuti oleh 551 peserta yang terdiri dari dosen dan mahasiswa Fakultas Psikolgi USM. Selain dari lingkungan USM, kegiatan ini juga diikuti oleh peserta dari luar USM seperti Jepara, Pati, Kebumen, dan Yogyakarta.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram