Previous
Next

Prof DYP Serahkan SK Izin Pembukaan Program Studi Pariwisata Program Sarjana kepada USM

WhatsApp Image 2020-09-21 at 14.17.23

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI, Prof Dr DYP Sugiharto secara resmi menyerahkan Salinan Keputusan (SK) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 852/M/2020 tentang Izin Pembukaan Program Studi (Prodi) Pariwisata Program Sarjana pada Universitas Semarang (USM) di Kota Semarang yang diselenggarakan oleh Yayasan Alumni Universitas Diponeoro (Undip) pada hari Senin (21/09).

Penyerahan dilakukan secara langsung oleh Kepala LLDIKTI Wilayah VI, Prof Dr DYP Sugiharto kepada Rektor USM Andy Kridasusila SE MM, dan jajarannya beserta Pembina Yayasan Alumni Undip Prof Dr H Muladi SH yang hadir secara daring di USM.

Rektor USM Andy Kridasusila SE MM menyampaikan rasa terima kasih dan syukur atas penyerahan izin dibukanya prodi Pariwisata program sarjana. Ia menjelaskan, kelahiran prodi pariwisata ini muncul karena kebutuhan pariwisata yang menjajikan dan penghargaan yang pernah diberikan oleh Dinas Pendidikan dan Olahraga Jawa Tengah kepada Gelora USM.

Andy menambahkan, prodi Pariwisata merupakan satu dari lima program yang diajukan USM ke yayasan sejak 2015, bersama dengan prodi bahasa inggris, bahasa cina, kedokteran, olahraga dan terakhir pariwisata. Namun setelah perjalanan yang cukup panjang, akhirnya prodi Pariwisata ini baru diajukan kembali pada 2019 dan diresmikan pada 15 September 2020.

“Momen ini adalah momen yang sudah lama kami harapkan Kami melihat, negara yang maju perekonomiannya ditopang oleh industri pariwisata. Sehingga ini menjadi penting, karena industri pariwisata itu multiplayer efeknya yang luar biasa,” tambah Andy saat memberikan sambutan.

Andy juga berharap, adanya prodi Pariwisata program sarjana bisa menjadi pemicu dan pemacu untuk USM bisa bergerak lebih liar lagi, dalam hal ini memiliki konsep dan gagasan sekaligus bisa mendukung kota Semarang yang menjadikan pariwisata sebagai salah satu konsen utama.

“Saya berharap, prodi ini bisa memberikan dampak yang luar biasa, memberikan kemanfaatan sebesar-besarnya bagi industri pariwisata di kota Semarang.”

Harapan yang sama baiknya dan rasa terima kasih kepada Kemdikbud dan LLDIKTI Wilayah VI juga disampaikan oleh Ketua Pembina Yayasan Alumni Undip Prof Dr H Muladi SH yang disampaikan secara daring.

“Saya berharap semoga penambahan prodi ini dapat menambah credit point bagi USM dalam rangka peningkatan akreditasi,” tambah Muladi.

Muladi yakin, bahwa kondisi pasca pandemic COVID-19 akan kembali meningkatkan performa industri pariwisata, sehingga ini menjadi momentum yang tepat untuk memajukan industri pariwisata kedepan. Dengan demikian, penciptaan SDM unggul di bidang pariwisata melalui pendidikan tinggi perlu dilakukan oleh USM untuk menghasilkan SDM profesional dalam bidang ini.

Kepala LLDIKTI Wilayah VI dalam sambutannya, selain memberikan ucapan selamat kepada segenap jajaran USM, Prof DYP  juga menyampaikan dua hal, yang pertama terkait prodi baru agar bisa mulai mempersiapkan kelas di semester gasal dengan menyesuaikan kebijakan merdeka belajar dan yang kedua terkait sosialisasi akreditasi yang membutuhkan strategi.

Prof DYP juga mengingatkan agar sebelum dua tahun setelah resmi berdiri, prodi ini bisa mengajukan akreditasi. Prof DYP juga berharap prodi ini dapat dilaksanakan dengan baik dan akuntabel.

“Gerak cepat agar prodi ini bisa melaksanakan pembelajaran di semester gasal, bisa berkontribusi tidak hanya untuk kota semarang melainkan juga Jawa Tengah serta bisa menjadi penguat untuk USM JAYA.”

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram