Previous slide
Next slide

STIE Bank BPD Jateng Luncurkan Kampung Eco Green

STIE Bank BPD Jateng baru-baru ini melakukan Launching Kampung Eco Green yang berlokasi di RT. 003 Kelurahan Purwosari.  Agenda kegitan yang merupakan  program  P3M STIE BANK BPD Jateng tersebut mulai dirintis sejak Juni 2020.

Menurut Ketua STIE Bank BPD Jateng Dr. Siti Puryandari, sebelum  peresmian dilakukan   pelatihan terlebih dahulu oleh tim STIE BANK BPD Jateng. Selain pelatihan untuk penyiapan komersialisasi, juga ada kegiatan pengecatan  disekitar gang sepanjang 1.5 km ditempat kegiatan dilakukan, serta penanaman pohon dan angkringan sebagai tempat wedangan.

“Cafe merupakan salah satu usaha yang dirintis. Konsep besarnya adalah Kampung Eco Green. Kampungnya hijau, mereka memiliki aktivitas pemberdayaan ekonomi keluarga terutama rumah tangga, serta ketahanan pangan dan gizi. Kami berikan bantuan berupa ikan lele dengan tanam kangkung secara hidroponik, serta tanam buah dan bunga secara organik.” ungkapnya

Siti menjelaskan, bantuan yang diberikan STIE BPD Jateng selain pendampingan usaha juga berupa modal kerja. “Kami memberikan modal kerja kepada pengelola di RT.003 Kel. Purwosari. Sedangkan pada tahap kedua, kami melakukan penyiapan untuk koperasi. Kedepan, akan kami lakukan pula pengembangan wisata kampus eco green tersebut,” tandasnya. 

Lebih jauh Ketua STIE Bank BPD Jateng tersebut mengatakan, sekarang yang sudah jalan untuk spot swa foto dan wedangan. Setiap minggu diadakan program untuk membuat jajanan tempo dulu yang akan dimotori Ibu-Ibu PKK. Program tersebut juga melibatkan Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, pengabdiannya oleh P3M STIE BPD Jateng, dan pendanaan dari internal.

Kedepan STIE BANK BPD Jateng akan menjadikan kawasan di kampus Purwosari  sebagai kawasan hijau, ramah lingkungan, serta memiliki ketahanan pangan skala mikro. Siti berharap program kampung eco green adalah dapat  menjadi wahana bagi dosen STIE BANK BPD Jateng untuk dapat melakukan pengabdian kepada masyarakat, juga pengembangan jejaring.

Begitu pula kepada mahasiswa akan menjadi aktivitas dalam mengisi dan pengembangan UKM, baik musik maupun teater. “Adanya sinergitas antara pihak STIE BANK BPD Jateng dengan masyarakat, akan menjadikan institusi kami makin dikenal dan berkontribusi secara langsung dengan  masyakarat umum,” pungkasnya.

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram