Previous
Next

Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Buka LKMM – TM Wilayah Jabar dan Jateng

WhatsApp Image 2020-06-10 at 12.52.31 (6)

Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Prof Aris Junaidi mewakili Direktur Jenderal Pendidikan Dikti (Dirjen Dikti) Kemdikbud membuka secara resmi rangkaian program Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Menengah (LKMM – TM) secara daring untuk wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah, Rabu (10/6).

Pelaksanaan program ini merupakan yang ketiga setelah yang pertama diadakan di Yogyakarta dan yang kedua dilaksanakan untuk wilayah Aceh dan Sumatera Utara. Koordinator Kemahasiswaan Belmawa, Misbah Fikrianto dalam laporannya menyatakan bahwa jumlah peserta sebanyak 343 mahasiswa dengan perincian 187 mahasiswa dari wilayah Jawa Barat dan 156 mahasiswa dari wilayah Jawa Tengah.

Prof Aris dalam sambutannya mengatakan bahwa pelatihan di masa pandemi dilakukan secara daring, materi sudah disiapkan tim pemandu dengan tujuan agar seluruh mahasiswa, sesuai kebijakan Merdeka Belajar, mendapatkan pembekalan bagaimana berorganisasi dan beropini yang baik. Ditambahkan pula pentingnya bagai mahasiswa yang menjadi peserta untuk mengikuti kegiatan secara penuh.

“Saya berharap di akhir tahun apabila pandemi berakhir bisa dilakukan pembelajaran di kelas, melakukan praktek-prakter manajemen dan kepemimpinan,” tambah Prof Aris.

Kepala LLDIKTI Wilayah IV, Prof Usman Suherman dalam sambutannya mengatakan bahwa LKMM sangat penting, baik di Wilayah Dikti IV maupun wilayah yang lain. “Mahasiswa dituntut untuk memiliki kepemimpinan, sebagai contohnya adalah Rasulullah SWA dan Ki Hajar Dewantara,” jelasnya.

Lebih lanjut Prof Usman juga berpesan kepada para peserta, “Kita harus jadi contoh untuk masyarakat dalam hal kepemimpinan”.

Sekretaris LLDIKTI Wilayah VI, Amsar yang mewakili Kepala LLDIKTI Wilayah VI menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Dirjen Dikti, Dir Belmawa, sudah diperkenankan untuk berpartisipasi, juga kepada Perguruan Tinggi yang sudah mengirimkan mahasiswanya untuk mengikuti LKMM – TM.

“Saya berharap, kegiatan semacam ini akan memberikan manfaat terkait soft kill dan hard kill yang berguna untuk mahasiswa dalam meniti karir,” tambahnya. Turut mengikuti pembukaan LKMM – TM wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah antara lain Sekretaris LLDIKTI Wilayah IV, Dharnita Chandra, pejabat struktural bagian akademik dan kemahasiswaan dari LLDIKTI Wilayah IV dan VI, serta tim dari Direktorat Belmawa.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram