Previous slide
Next slide

UHB Sukses Menyelenggarakan Webinar Nasional Keperawatan Anestesiologi

uhb

Universitas Harapan Bangsa (UHB)melalui program studi Sarjana Terapan Keperawatan Anestesiologi yang bekerjasama dengan Ikatan Penata Anesetsi Indonesia (IPAI) menyelenggarakan Webinar nasional dengan tema “Pelayanan Anestesiologi di Masa Pandemi Covid-19”. Acara webinar yang berlangsung pada sabtu lalu (30/05) bertujuan untuk memberikan informasi terkait dengan pelayanan yang diberikan oleh tim anestesi di masa pandemi Covid-19 ini serta memberikan pengetahuan tentang peran dan tugas tim anestesi dalam hal ini penata anestesi agar lebih diketahui oleh publik.

Webinar yang diikuti oleh 800 lebih peserta yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dengan menggunakan aplikasi Zoom dan live streaming di akun youtube UHB menghadirkan pembicara Dr. dr. Heru Dwi Jatmiko, Sp.An, KAKV, KAP (Dewan Penasihat Perdatin Jateng 2014-2022 dan President Europian Society of Anesthesi /ESA Region VII Indonesia) sebagai pembicara utama. Serta menghadirkan Tarkidjo, S.Kep (Ketua Dewan Pertimbangan DPP IPAI Jateng dan Anggota Komite PPI), Dr. Ns. Rahmaya Nova Handayani, S.Kep, M.Sc (Ketua Program Studi D4 Keperawatan Anestesiologi UHB), dan juga Tophan Heri Wibowo, S.Kep, Ns, MAN (Dosen Prodi D4 Keperawatan Anestesiologi UHB) sebagai pembicara lainnya.

Ketua DPP IPAI, Dra. Dorce Tandung, M.Si, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada UHB yang sudah mengadakan webinar Keperawatan Anestesiologi. Semoga peserta dapat merasakan manfaat dari kegiatan ini dengan harapan kapasitas kompetensi bertambah dan meberikan pelayanan yang terbaik untuk masyrakat khususnya pelayanan anestesi dimasa Covid-19.

Covid-19 telah mengubah tatanan di kehidupan ini, untuk dunia pendidikan yang tadinya online atau daring masih dalam rambu-rambu yang tidak diperbolehkan oleh pemerintah kecuali institusi tertentu. Sekarang diperbolehkan, walaupun ada pandemi tidak mengurangi semangat kita untuk berbagi ilmu melalui seminar  online. Walau dilakukan di purwokerto akan tetapi peserta dan pembicara bisa berada dimanapun bahkan seluruh wilayah di Indonesia ada perwakilannya pada seminar online yang di adakan prodi sarjana terapan keperawatan anestesiologi UHB. Dan ini semua adalah berkah dibalik pandemi covid-19. Ujar Rektor UHB dr. Pramesti Dewi, M.Kes dalam sambutannya.

Pembicara utama, Dr. dr. Heru Dwi Jatmiko, Sp.An, KAKV, KAP mengungkapkan peran tim anestesi dalam covid-19 adalah berpartisipasi dalam perawatan akut dan kritis dengan fokus pada manajemen jalan nafas, terapi oksigen, dukungan ventilasi (ventilator), manajemen hemodinamik, sedasi dan anagesi.

“Isi dari Webinar ini sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan kita semua tentang profesi penata anestesi. Dengan diadakannya webinar ini, kita bisa belajar bagaimana pelayanan anestesi dimasa pandemic Covid-19,” ungkap Bujangga Made Bintang, salah satu peserta.

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram