Previous slide
Next slide

Dr Supari MT Dilantik Sebagai Wakil Rektor III USM

Dr supari ST MT dilantik sebagai Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Universitas Semarang (USM)  oleh Ketua Pengurus Yayasan Alumni Undip Prof H Abdullah Kelib SH di Kampus USM pada kamis (14/5).

Supari menggantikan Wakil Rektor III  sebelumnya Ir H supoyo MT yang meninggal dunia beberapa waktu lalu sesuai dengan surat keputusan Ketua Pengurus Yayasan Alumni Undip No. 71/SK/YA-UNDIP/2020 tentang pengangkatan Wakil Rektor III USM.

Hadir dalam kesempatan tersebut  pejabat dari unsur Yayasan Alumni Undip Ir Soeharsojo IPU, Eddy Djoko Pramono, SH, MH, MT, Prof Dr Ir V Priyo Bintoto MAgr, senat universitas serta perwakilan mahasiswa BEM dan BLEM/DEMA.

Usai pelantikan, Prof Abdullah Kelib memberikan arahan terkait tugas dan wewenang Wakil Rektor III.

Menurutnya tugas seorang Wakil Rektor III adalah membantu pelaksanaan tugas Rektor meliputi pengembangan, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi terkait bidang kemahasiswaan dan alumni serta bertanggung jawab terkait penyelenggaraan kegiatan Pengenalan Akademik Dan  Kegiatan Mahasiswa (PAKEM) USM.

Selain itu wewenangnya adalah memantau, melacak alumni dengan tracer study sehingga diperoleh data lulusan USM bekerja dimana, berkontribusi seperti apa akan terlacak dengan baik, karena tracer study dapat mencerminkan keberhasilan pendidikan tinggi dan akan meningkatkan penilaian dalam instrumen akreditasi. Apalagi saat ini pendidikan tinggi yang diharapkan berbasis outcome.

“Mudah-mudahan dengan situasi yang seperti ini USM semakin dipercaya masyarakat dan menerima mahasiswa yang banyak sehingga bisa memberikan kontribusi mencerdaskan anak bangsa dengan  baik” ungkapnya.

Sementara  Rektor USM Andy Kridasusila SE MM menegaskan bahwa dalam kondisi  yang seperti ini banyak kegiatan mahasiswa yang melibatkan  berkumpulnya banyak orang behenti, sehingga bisa disiasati dengan kegiatan berbasis daring karena saat ini kuliah juga dijalankan secara daring.

“Kami juga berharap kegiatan mahasiswa yang selama ini banyak diarahkan ke wawasan kebangsaan, anti korupsi dan lain-lain saat ini bisa diarahkan ke kegiatan yang berbasis lingkungan dan bermanfaat bagi lingkungan dalam rangka mendukung pemerintah menangani covid-19” ungkap Andy.

Supari dalam pernyataannya mengatakan  bahwa saat ini sesuai arahan rektor dan koordinasi dengan wakil rektor lain akan segera menggelar konsolidasi internal dan evaluasi dibidang kemahasiswaan dan alumni.

“Evaluasi yang akan kami lakukan terkait regulasi dan kegiatan mahasiswa selama ini, sesuai tugas utama kami yaitu membina dan melayani mahasiswa dan alumni” ungkap Supari.

“Kedepan kami berharap mahasiswa USM bisa lebih ikut berkontribusi dalam percepatan pencapaian visi USM yang unggul dan terciptanya SDM lulusan yang berdaya saing tinggi, karena membangun daya saing lulusan yang unggul harus dimulai sejak menjadi mahassiwa, dengan  pembinaan yang baik  maka soft skill dan hard skill mahasiswa akan meningkat” pungkasnya.

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram