Previous slide
Next slide

Stimart AMNI Menjadi Universitas

Keinginan Stimart AMNI Semarang berubah bentuk menjadi universitas terealisasi, setelah Salinan SK Perubahan Bentuk dari Mendikbud diserahkan oleh Plt. Direktur Pendidikan Profesi dan Vokasi Kemendikbud Dr. Ir. Agus Indarjo di kampus biru  Jln. Soekarno-Hatta, Jumat (21/2).

Agus Indarjo dalam pesannya mengatakan, di era millenia saat ini perguruan tinggi perlu mengupayakan peningkatan dari sisi kelembagaan. Untuk itu, kepada perguruan tinggi yang berkeinginan melakukan perubahan bentuk, tahun ini masih dibuka kesempatan mengajukan usulan.

“Sebagaimana diketahui, semakin tinggi tingkatan status perguruan tinggi, akan semakin luas jangkauan untuk mendidik masyarakat maupun jangkauan dalam penjenjangan.” ungkapnya

Menyinggung perubahan bentuk perguruan tinggi Maritim AMNI Semarang dari Sekolah Tinggi menjadi Universitas, Agus Indarjo menegaskan, sebagai perguruan tinggi senior, perguruan tinggi Maritim AMNI cukup layak menjadi universitas, karena telah memiliki fasilitas, baik dalam aspek SDM dosen maupun praktek mahasiswa (sarana dan prasarana).

Pada kesempatan tersebut dirinya juga menyampaikan perihal Kampus Merdeka yang saat ini telah menjadi  program Kemendikbud. “Kampus merdeka harus diimplementasikan oleh masing-masing perguruan tinggi.  Artinya, seluruh komponen badan penyelenggara dan juga penyelenggara perguruan tinggi harus dapat memahami apa yang dimaksud dengan Kampus Merdeka.” Tegasnya.

Menurutnya, kemerdekaan yang utama adalah untuk mahasiswa. Dengan demikan, terkait kreativitas dan inovasi, mahasiswa perlu terus didorong dan ditingkatkan melalui pemberian kesempatan  secara sukarela dalam rangka praktek magang di dunia industri.

Kepada perguruan tinggi Maritim AMNI Semarang, Agus Indarjo menyampaikan harapan agar setelah berubah menjadi universitas kembali melakukan progress berupa peningkatan jenjang prodi yang dikhususkan bagi prodi DIII yang saat ini masih diselenggarakan,  untuk  segera mengajukan usulan berupa peningkatan pada jenjang program D-IV pendidikan Vokasi.

Terhadap apa yang disampaikan tersebut, Ketua Yayasan Bina Kemaritiman Indonesia Edi Soeprapto mengatakan bahwa apa yang menjadi keinginan  Plt. Direktur Pendidikan Profesi dan Vokasi Kemendikbud sudah menjadi agenda berikutnya. “Insya Allah ini akan menjadi skala prioritas bagi kami.” katanya

Edi menambahkan, pasca perubahan bentuk menjadi universitas, pihaknya akan menata organisasi, melakukan pengembangan dengan baik melalui penambahan prodi.

Salinan SK Perubahan Bentuk dibacakan oleh Kepala LLDIKTI VI Prof. DYP. Sugiharto, dimana dalam SK tersebut menyebutkan bahwa Universitas Maritim AMNI  Semarang menyelenggarakan 8 (delapan) prodi, yaitu Transportasi Program Sarjana, Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhan Program D-III, Nautika Program D-III, Teknika Program D-III, Perdagangan Internasional  Program Sarjana, Teknik Transportasi Laut Program Sarjana, Teknik Mesin Program Sarjana, dan Teknik Keselamatan Program Sarjana.

Bersamaan dengan acara penyerahan SK Perubahan Bentuk, dilakukan pula penyerahan SK Pejabat Definitif UNIMAR AMNI dan Pengukuhan Agus Indarjo dan DYP. Sugiharto sebagai Anggota Kehormatan IKANI.

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram