Previous
Next

Kampus Baru STIE Bank BPD Jateng Diresmikan

Pembangunan kampus baru Stie Bank BPD Jateng yang beralamat di Jl. Soekarno-Hatta No.88 Semarang kemarin diresmikan, Rabu (25/9). Peresmian ditandai dengan penekanan tombol oleh Walikota Semarang Hendrar Prihadi bersama-sama dengan Kepala LLDIKTI VI Jateng Prof. Dr.DYP. Sugiharto, Pembina Yayasan Bank BPD Jateng dan Ketua Stie Bank BPD Dr. Siti Puryandani.

Prof.Dr. DYP Sugiharto dalam pengarahannya mengatakan, dengan dimiliki dan diresmikannya gedung baru dapat meningkatkan optimalisasi, implementasi otonomi perguruan tinggi. Payung hukum penyelenggaraan perguruan tinggi di Indonesia, yakni UU No.12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (PT) memberikan jaminan otonomi penyelenggaraan PT, baik kepada Yayasan untuk swasta maupun badan pengelola.

“Otonomi yang diberikan oleh UU ini terhadap Yayasan Badan Penyelenggara berupa otonomi bidang akademik yang meliputi 5 hal, yaitu tentang organisasi, ketenagaan, keuangan, kemahasiswaan dan sarana prasarana.” paparnya     

Dijelaskan, dengan difasilitasinya gedung baru ini merupakan salah satu bentuk  implementasi dari otonomi yayasan badan penyelenggara. Sedangkan badan pengelola, yaitu Ketua beserta jajaran dosen dan tenaga kependidikan diberikan otonomi untuk menyelenggarakan Tridharma Perguruan Tinggi.

LLDIKTI VI siap mengawal agar pelaksanaan pendidikan di STIE Bank BPD Jateng untuk memenuhi standar mutu, sehingga tidak merugikan masyarakat. “Kami mendukung sepenuhnya upaya yayasan di institusi ini yang  berkeinginan melakukan penguatan yayasan dengan melalui penggabungan bebagai kekuatan, terhadap potensi-potensi yang ada di Kabupaten/Kota untuk  menjadi Badan Penyelenggara.

Menurut orang nomor satu di jajaran LLDIKTI VI tersebut, diusianya yang genap 23 tahun seyogyanya sudah harus memikirkan pengembangan institusi, melalui perubahan bentuk menjadi Institut atau Universitas.

Menanggapi akan hal ini, Ketua STIE Bank BPD Jateng Dr. Siti Puryandani menuturkan bahwa di institusinya akan menambah satu progdi baru sebagai syarat perubahan bentuk menjadi Institut.

“Kami akan bermetamorfosis dengan mengembangkan diri dengan berubah bentuk menjadi Institut, dengan menambah satu progdi Sistem Informatika (S1). Sedangkan untuk peningkatan SDM, dosen kami paksa untuk studi lanjut pada program Doktor.” ungkap Dr. Siti.

Pasca diresmikan, fasilitas yang ada di kampus baru STIE Bank BPD seperti meting room maupun gedung pertemuan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas dengan cara sewa. “Kalau ada instansi lain yang berkeinginan menggunakan fasilitas yang ada di tempat kami untuk acara meting, silahkan hubungi kami. Begitu pula masyarakat luas ingin menggunakan gedung pertemuan untuk acara hajatan.” Paparnya.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram