Previous slide
Next slide

Mahasiswa Universitas Harapan Bangsa Diberangkatkan Magang di Jepang

Universitas Harapan Bangsa (UHB) Purwokerto terus meningkatkan kualitas mahasiswanya untuk menjadi lulusan yang unggul dan mampu bersaing secara global. Salah satu upaya untuk mewujudkan hal tersebut yaitu melalui Global Internship Program (GIP) ke Jepang atau program magang ke Jepang. Terlebih, UHB telah memiliki pengalaman menyelenggarakan pendidikan keperawatan sejak tahun 2002 hingga sekarang. Saat ini UHB juga telah bekerjasama dengan 21 Nursing House di Okinawa dan Osaka, Jepang, sebagai lahan praktik keperawatan lansia bagi para mahasiswa.

Melalui program tersebut, sebanyak 59 mahasiswa dari beberapa program studi yakni program studi D3 Keperawatan, S1 Ilmu Keperawatan, dan Profesi Ners telah berhasil menyelesaikan pelatihan Bahasa Jepang selama 3 bulan. Selain bahasa Jepang, mahasiswa juga dibekali pengetahuan tentang budaya, dan cara kerja di Jepang.

Pemberangkatan dilakukan secara bertahap. Pada tanggal 13 September, 11 mahasiswa keperawatan UHB telah diberangkatkan di gelombang pertama dan disambut langsung direktur nursing house di Okinawa Jepang.  Sebanyak 48 Mahasiswa lagi akan di berangkatkan pada gelombang ke dua sekitar akhir September dan bulan Oktober 2019.

Selama berada di Jepang, para peserta nantinya akan mendapatkan gaji sebesar  15-21 juta rupiah per bulan. Selain itu pengalaman magang, budaya, serta tinggal di Jepang selama satu tahun kedepan akan menjadi hal yang sangat berharga bagi Mahasiswa UHB peserta magang ke Jepang.

Wakil Rektor I Bagian Akademik dan kemahasiswaan, Ns. Martyarini Budi S., SKep. M Kep menyampaikan bahwa setelah kegiatan internship atau magang ini berjalan, maka akan ada supervisi dosen UHB ke seluruh nursing house di jepang dan dilakukan setelah 3 dan 6 bulan proses magang ini berjalan.

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram