Previous slide
Next slide

ICM Code Wajib Dipahami Pelaut

Untuk menjadi pelaut professional yang berkeinginan bekerja di perusahaan maritim, persyaratan yang harus dipenuhi beruba pemahaman dan pengetahuan terkait akan Internasional  Safety Management (ISM) Code.

Menurut Capt Hadi Supriyono, MM.Mar, dosen Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang yang juga salah satu narasumber pada Pelatihan Marine Pollution and Environmental Awareness dan Leadership and Team Work Skills yang diselenggarakan Sekolah Tinggi Maritim dan Transpor (Stimart) AMNI Semarang yang berlangsung di kampus Jl. Soekarno-Hatta, Kamis (12/9) mengatakan, insan pelaut profesional wajib paham mengenai dasar ICM Code yang merupakan standar internasional manajamen, dimana tiga aspek penting yang perlu dimengerti, yakni perihal keselematan, pengoperasian kapal dan pencegahan pencemarang lingkungan (polusi) di laut. 

Dijelaskan, ICM code merupakan ketentuan manajamen internasional untuk pengoperasionalan kapal secara aman dan selamat , begitu juga standar pengoperasionalan yang harus dimiliki perusahaan bagi kapal-kapalnya.

“Ini penting, karena menyangkut faktor keselamatan kapal maupun muatan. Jika tidak memahami akan hal ini dikawatirkan akan terjadi kecelakaan yang diakibatkan oleh human error. Sebaliknya, jika ICM Code diaplikasikan, maka yang terkait dengan musibah kecelakaan dapat dihindari.” Ungkapnya

Pentingnya ICM Code tersebut, tidak hanya para taruna dari Stimart AMNI yang mengikuti pelatihan, namun juga dari berbagai perguruan tinggi kemaritiman yang lain, begitu juga para lulusan (alumni) dari tempat lain yang berkeinginan untuk mendapat sertifikat.

Capt. Sutini M.Mar STI MT STI MT, selaku Ketua Panitia mengatakan, pelatihan ini diikuti sebanyak 562 peserta, 495 orang peserta dari taruna dan taruni Stimart AMNI, sedangkan sisanya dari umun sebanyak 67 orang, dimana statusnya sudah bekerja sebagai pelaut. 

Selain Hadi Supriyono, untuk narasumber lain adalah Drs. Sarjono, M.MarE (PIP) dengan materi Port State Control (PSC), Akhmad Subaidi M.MMar, AFNI dari pelayaran, Bernhard Schulte Ship Management dengan materi Leadership and teamwork.

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram