Previous
Next

USM Perkuat Kerjasama Dengan Pemkot Semarang

Bertempat di Aula Gedung V Lantai 6 (8/21), Universitas Semarang (USM) mengadakan kesepakatan bersama dengan Pemerintah Kota Semarang tentang Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi di Kota Semarang. Kerjasama dilakukan dengan penandatanganan naskah kerjasama antara Rektor Universitas Semarang, Andy Kridasusila SE MM dengan Walikota Semarang Hendrar Prihadi dengan didampingi Ketua Pengurus Yayasan Alumni Undip, Prof H Abdullah Kelib SH.

Dalam sambutannya, Prof Abdullah Kelib menyampaikan kerjasama dilakukan dalam tiga bidang yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat di Kota Semarang. “Kerjasama ini akan dilakukan dengan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), penyediaan tenaga ahli, Seminar, Lokakarya, serta peningkatan kesejahteraan masyarakat di wilayah binaan kota Semarang” ujarnya.

Andy mengaku kerjasama ini dilakukan dalam upaya untuk bersama-sama membangun Kota Semarang untuk menjadi lebih hebat. “Secara praktek kami sudah berkali-kali melakukan kegiatan Tridharma yang mendukung pembangunan Kota Semarang termasuk kegiatan KKN dan membina UKM batik di Tembalang. Selain itu kami juga menyumbang taman USM di Tembalang dan Halte BRT, ini semua karena komitmen dan sinergi antara USM dengan Pemkot” tutur Andy.

Sementara Walikota Semarang Hendi mengaku segala yang dilakukan secara bersama-sama akan menumbuhkan sesuatu yang meningkat pesat tentunya dengan melibatkan peran akademisi-akademisi seperti USM. “Kerjasama ini diibaratkan sebuah payung yang menaungi dua instansi untuk bersinergi, bermitra yang kemudian akan menjadi suatu kekuatan. Berbicara mengenai teknis misalnya Dinas Tata Ruang (Distaru) punya pengembangan kota, nanti bisa kersama dengan bagian tekniknya USM” tutur Hendi. “Kalau tidak ada payung seperti ini kan langkahnya kaya langkah yang tidak punya kekuatan” ujar orang nomor satu di Kota Semarang.

Hendi menambahkan bahwa USM memang top markotop, selama ini USM sudah bersinergi dengan Pemerintah Kota Semarang dan bergerak bersama dalam membangun Semarang menjadi hebat seperti halte, taman, dan lain-lain. “Selama ini USM ketika diminta Pemkot untuk bersama-sama membantu pembangunan di Wilayah Semarang Timur sangat cepat responnya, bahkan cukup dengan diskusi lisan anatara USM dan Pemkot langsung terlaksana dengan baik” tambah Hendi.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua Pengurus Yayasan Alumni Undip Prof  H Abdullah Kelib SH, anggota Pembina Yayasan Alumni Undip Ir Soeharsojo, para dekan serta pejabat struktural USM.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram