Previous slide
Next slide

ITS Kesehatan PKU Muhammadiyah Kuatkan Program dan Kerja Sama Lembaga

its pku 2

Perubahan Stikes PKU Muhammadiyah menjadi Institut Teknologi Sains (ITS) dan Kesehatan PKU Muhammadiyah Surakarta, membawa beberapa hal yang akan dicanangkan. Beberapa program yang dicanangkan yakni semakin memperkuat inter professional education, mensinergikan beberapa program studi (prodi) yang berada di bawah naungan ITS Kesehatan PKU Muhammadiyah. Hal ini berguna untuk menanamkan semangat kerja sama dan kolaborasi antar profesi sejak di bangku perkuliahan.

”Dengan demikian, ketika mereka memasuki dunia kerja yang sesungguhnya, sudah terbiasa dengan budaya menghargai antar profesi dalam menyelesaikan masalah pada klien,” kata Rektor ITS Kesehatan PKU Muhammadiyah Surakarta Weni Hastuti.

Selain itu, menjadikan ITS Kesehatan PKU sebagai pusat upgradding skills atau pusat pelatihan dan penyiapan lulusan tenaga kesehatan yang akan bekerja ke luar negeri, khususnya Jepang. ”Saat ini kami sudah mengantongi lisensi resmi dari BNP2TKI untuk penyelenggaraan upgradding skills untuk negara tujuan Jepang, melalui 3 skema, yaitu G to G dengan subsidi pelatihan dari pemerintah Jepang, skema magang kerja, dan beasiswa kuliah dengan biaya penuh dari rekanan di Jepang,” imbuhnya. 

Metamorfosa ini akan menjadikan ITS Kesehatan PKU sebagai pusat pengembangan teknologi informasi. Khususnya teknologi informasi kesehatan. ”Kami yakin, ke depan, akan semakin banyak peran teknologi informasi di bidang kesehatan maupun dalam menunjang pelayanan di rumah sakit,” urai Weni.

Terakhir, akan menguatkan kerja sama internasional setelah berubah jadi institut dengan penambahan beberapa prodi sarjana. Tentu ini akan meningkatkan posisi tawar ITS Kesehatan PKU dengan perguruan tinggi lain sejenis di luar negeri. ”Dengan kerja sama ini, diharapkan akan terjadi transfer of knowledge maupun tradisi akademik dari berbagi negara,” pungkasnya.

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram